Ada dua jenis transportasi yang digunakan dalam layanan mudik Lebaran gratis tahun 2023 ini, yaitu bus pariwisata dan kereta api
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru melepas keberangkatan sebanyak 2.020 orang warga daerah setempat untk mudik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriyah gratis, Rabu.

"Ada dua jenis transportasi yang digunakan dalam layanan mudik Lebaran gratis tahun 2023 ini, yaitu bus pariwisata dan kereta api," katanya di Palembang, Rabu

Layanan mudik gratis tersebut merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Bank Sumsel-Babel, lembaga BUMN (PT Jasa Raharja dan DAMRI) dan swasta.

Pemerintah Provinsi Sumsel melaporkan ada 19 unit armada bus dengan jumlah penumpang sebanyak 745 orang diberangkatkan secara gratis dari Terminal Alang-alang Lebar, Palembang.

Armada bus tersebut masing-masing diberangkatkan untuk jurusan luar provinsi meliputi rute Palembang-Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Palembang-Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Selain itu, Palembang-Bukit Tinggi, Sumatera Barat dan Palembang-Solok-Lubuk Basung, Sumatera Barat.

Untuk rute dalam provinsi, meliputi Palembang-Muara Enim-Lahat-Tebing Tingi, Palembang-Lahat-Pagar Alam-Dempo. Lalu, tujuan Palembang-Musi Banyuasin-Musi Rawas-Lubuk Linggau-Musi Rawas Utara, Palembang-Kayu Agung-Belitang-Muara Dua, dan Palembang-Baturaja-Martapura-Muara Dua.

Kemudian, ada dua unit kereta api dengan jumlah penumpang sebanyak 1.275 diberangkatkan dari Stasiun Kertapati Palembang. Masing-masing rute tujuannya dari Palembang- Kota Lubuk Linggau, Sumsel dan Palembang - Tanjung Karang, Lampung.

Menurut gubernur program layanan mudik gratis ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Kementerian Perbuhubungan memprediksi arus mudik lebaran tahun ini padat dengan jumlah mencapai 123 juta kendaraan pemudik yang melakukan pergerakan secara serentak dari setiap provinsi mulai H-3 atau 19-21 April 2023.

Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan layanan mudk gratis ini dapat pula mengurangi potensi kemacetan arus lalu lintas sekaligus menurunkan potensi kecelakaan lalu lintas.

"Kelayakan kendaraan dalam keadaan prima. Termasuk kesehatan sopir, kondekturnya dan masinis hingga pemudik. Kita doakan para pemudik dapat berangkat dengan selamat dan pulang dengan selamat (pada 30 April 2023)," demikian Herman Deru.

Baca juga: Pemprov Sumsel gratiskan antigen untuk pemudik

Baca juga: Pemudik bisa manfaatkan rest area tol Indralaya-Prabumulih

Baca juga: 11.289 kendaraan melintasi JTTS GT Kramasan Sumsel pada H-7 Lebaran

Baca juga: Telkomsel berikan layanan mudik gratis untuk pelanggan


Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023