Basuki: diskon tarif tol 15 persen sebar arus balik agar tak menumpuk

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Kendaraan melintasi Tol Karawang Barat, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Korlantas Polri terus memberlakukan sistem satu arah atau "one way" ke arah Jakarta selama arus balik Lebaran 2019 mulai dari KM 414 Ungaran, Jawa Tengah hingga KM 29 Cikarang, Jawa Barat untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama/pri
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai bahwa diskon tarif tol sebesar 15 persen yang diberlakukan pada 10-12 Juni 2019 akan dapat menyebarkan arus balik  sehingga tidak terjadi penumpukan.

"Diskon pada hari ini sampai 12 Juni itu harapan kami tidak menumpukkan orang di tiga atau dua hari lalu. Ini menarik orang untuk kembali Senin, Selasa, atau Rabu ini," kata Basuki ketika ditemui seusai kegiatan halal bihalal di Kementerian PUPR Jakarta, Senin.

Menurut Basuki, arus balik akan tetap terjadi dalam dua hari ke depan karena sejumlah pegawai swasta mulai masuk Selasa (11/6) atau Rabu (12/6). Sementara pegawai negeri sipil sudah mulai masuk pada Senin (10/6) ini.

"Jadi yang mudik (balik) duluan, kami dahulukan supaya orang tidak menumpuk. Jadi 10, 11, 12 Juni itu bisa menyebarkan orang-orang (agar arus balik tidak menumpuk)," tuturnya.

Basuki juga menegaskan diskon tarif tol bukan untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan jalan bebas hambatan itu. Ia memastikan tarif bukan menjadi alasan pengguna untuk menggunakan jalan tol.

Jalan tol, lanjut Basuki, merupakan alternatif yang disediakan untuk dipilih pengguna jalan. Sistem satu arah atau "one way" yang diberlakukan di jalan tol tahun ini, kata dia, juga tidak menyebabkan kepadatan di jalan nasional.

"Ada positifnya 'one way' itu. Karena di jalan nasional, dia (pemudik) bisa mampir. Kemarin banyak sekali di Brebes orang mampir beli oleh-oleh. Tahun lalu kosong. Jadi ada positifnya," ujarnya.

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) memberikan potongan harga atau diskon tarif sebesar 15 persen di ruas jalan tol di seluruh Indonesia pada arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Diskon 15 persen berlaku pada periode arus mudik Lebaran 2019, yaitu pada tanggal 27 Mei 2019 pukul 00.00 WIB s.d 29 Mei 2019 pukul 23.59 WIB.

Selain itu juga pada periode arus balik lebaran 2019, yaitu pada tanggal 10 Juni 2019 pukul 00.00 WIB s.d 12 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

Diskon tarif tol sepenuhnya merupakan inisiasi dari ATI sebagai bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol serta mendistribusikan lalu lintas agar tidak menumpuk di sejumlah tanggal tertentu.
Baca juga: Tarif tol diskon selama 3 hari


 

Kilas NusAntara Sore

Pewarta:
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019