Kami juga senang bahwa masyarakat banyak menggunakan kapal ferry penyeberangan ke Pulau Sumatera dan kemudian melanjutkannya dengan menggunakan jalan tol
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Rini Soemarno mengaku sangat senang mengenai banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan moda transportasi laut untuk mudik maupun balik selama libur Lebaran 2019.

"(Moda transportasi) yang paling melonjak pada tahun ini adalah kapal laut, dimana pemakai kapal laut cukup banyak. Kami juga senang bahwa masyarakat banyak menggunakan kapal ferry penyeberangan ke Pulau Sumatera dan kemudian melanjutkan dengan menggunakan jalan tol," ujar Menteri Rini kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Rini menjelaskan bahwa kegiatan mudik di sektor-sektor transportasi lainnya, seperti jalan tol dan pelayanan kereta api selama arus mudik dan arus balik Lebaran berjalan sangat lancar dan baik.

"Jadi Alhamdulillah cukup baik, Insya Allah di tahun ini BUMN bisa lebih baik serta bisa menjaga agar kita selalu jauh dari korupsi dan dapat melakukan tugasnya dengan baik," katanya.
 

Sebelumnya Kementerian Perhubungan mencatat sejak H-15 (21/5) hingga H+1 (7/6) di masa angkutan laut Lebaran tercatat hampir satu juta pemudik atau tepatnya 960.494 orang menggunakan kapal laut sebagai penumpang mudik Lebaran 2019.

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 juga mencatat Pelabuhan Batam menjadi pelabuhan terpadat dengan jumlah penumpang hingga H+1 pukul 06.00 WIB tercatat 153.792 orang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Wisnu Handoko menginformasikan bahwa hingga H+1, dari 51 pelabuhan yang dipantau tidak terlihat adanya penumpukan penumpang dan tidak ada penumpang di pelabuhan yang tidak terangkut oleh kapal penumpang yang beroperasi di pelabuhan tersebut.

Khusus pemantauan di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke Jakarta Utara, Ia menyebutkan adanya tren peningkatan penumpang dalam masa libur Lebaran 2019 ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan liburan Lebaran ke Kepulauan Seribu dengan menggunakan kapal Tradisional dari Pelabuhan Kali Adem.

Sedangkan untuk jumlah penumpang kereta api selama Lebaran, Kementerian Perhubungan mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang hampir 10 persen. Untuk moda transportasi bus naik 10-15 persen selama periode libur Lebaran.

Baca juga: Menhub: Penumpang seluruh moda naik saat Lebaran, kecuali pesawat
Baca juga: Kemenhub: Perlu ada perubahan budaya mudik dengan kapal laut

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019