Manado (ANTARA) - Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang membuka Operasi Teritorial TNI Tahun Anggaran 2019 di wilayah Kodim 1312/Talaud, di Lapangan Sangkundiman Kelurahan Melonguane Barat Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Selasa.

Aritonang berkata, perlu dipahami bersama Operasi Teritorial TNI merupakan realisasi dari sistem pertahanan negara yang bersifat semesta sehingga harus melibatkan seluruh potensi wilayah dan sumber daya nasional.

"Operasi Teritorial TNI ini merupakan operasi militer selain perang, dan TNI sebagai leading sektor, dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan pendukung yang kuat bagi TNI, karena TNI merupakan anak kandung dari rakyat,"katanya.

Ia berkata, melalui Operasi Teritorial kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat guna menjaga stabilitas nasional dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan.

Juga baca: Kodam XIII/Merdeka gelar berbagai kegiatan sambut HUT ke-61

Juga baca: 139 tamtama Kodam XIII/Merdeka ikuti Pendidikan Kejuruan Infanteri

Juga baca: Panglima Kodam Merdeka buka TMMD di Gorontalo

Ia mengajak semua pihak bersama-sama menyukseskan Operasi Teritorial TNI ini demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Sebagai implementasi TNI menggelar Operasi Teritorial di berbagai Kotamaops TNI yang salah satunya dilaksanakan di wilayah Kodim 1312 Talaud khususnya untuk membantu pemerintah daerah mengakselerasi kesuksesan program pembangunan dan mengatasi berbagai persoalan di perbatasan NKRI," katanya.

Pembukaan kegiatan itu dilaksanakan dalam suatu upacara yang dipimpin Aritonang dan bertindak selaku komandan upacara Mayor Infantri Sigfried W Panaha, yang sehari-harinya menjabat kepala staf Kodim 1312/Talaud.

Seusai upacara pembukaan dilanjutkan penyerahan bantuan sembako dan bantuan makanan balita kepada masyarakat oleh Aritonang.

Kegiatan itu dimeriahkan tarian Marambe Taroda oleh siswi SMA Negeri 1 Melonguane, tarian Tobelo oleh ibu-ibu PKK Desa Kiama Barat, tarian Porodisa oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Melonguane Barat, dan tarian Empat Wayer.

Hadir pada kegiatan itu antara lain Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Linda Tiopan Aritonang, Komandan Korem 131/Santiago Brigadir Jenderal TNI Robert Giri, Staf Ahli Kodam XIII/ Merdeka Kolonel CPL Jhon Sihombing, Asisten Teritorial Kodam XIII/Merdeka Kolonel Kavaleri Abdul Haris, Kepala Seksi Intel Korem 131/Santiago Kolonel Artileri Medan Sugeng Riadi, Kepala Seksi Operasi Korem 131/Santiago Kolonel Infantri Akatoto, Kepala Seksi Personel Korem 131/Santiago Kolonel Infantri Arif Bastari.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019