Kemarin, mudik resmi dilarang hingga KA jarak jauh tak lagi beroperasi

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Sejumlah calon penumpang menunggu bus di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Pemerintah memutuskan kebijakan larangan mudik Lebaran 2020 bagi masyarakat mulai berlaku Jumat (24/4) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta terjadi pada Kamis (23/4) telah diwartakan Kantor Berita ANTARA masih layak dibaca kembali sebagai informasi sebelum memulai aktivitas pada hari pertama bulan Ramadhan, Jumat.

Berikut lima rangkuman berita yang layak untuk dibaca kembali

1. Resmi hari ini, larangan mudik tekan penyebaran COVID-19

Larangan mudik yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan resmi berlaku pada Jumat dinihari ini pukul 00.00 WIB guna menekan penyebaran COVID-19.

Wadir Lantas Polda Metro Jaya AKBP Hari Purnomo pada Kamis (23/4) malam memimpin apel kesiapan Pos Pengamanan Terpadu dalam rangka Operasi Ketupat Cegah COVID-19 Tahun 2020 di Pintu Keluar Tol Bitung Tangerang Selatan, seperti dikutip dalam Twitter #TMCPoldaMetro pada Jumat dinihari.

Selengkapnya di sini

2. KA jarak jauh-lokal di Daop 1 tidak beroperasi mulai 24 April

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta melakukan penyesuaian operasional perjalanan Kereta Api (KA) mulai 24 April 2020, seiring dengan kebijakan pemerintah untuk memberlakukan larangan mudik untuk menekan penyebaran virus Corona yang kini menjadi pandemi global.

"Di area Daop 1 Jakarta mulai Jumat, 24 April 2020 seluruh keberangkatan dan kedatangan perjalanan KA jarak jauh dan lokal tidak dioperasikan," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini
Sejumlah calon penumpang mengantre untuk mengurus pembatalan tiket keberangkatan di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebanyak 70 perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta dibatalkan, sebagai tindak lanjut larangan mudik oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran wabah COVID-19. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
3. Masjid Kampung Luar Batang tidak lakukan shalat Tarawih di Ramadhan

Pengurus Masjid Jami Kampung Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara meniadakan pelaksanaan shalat tarawih selama bulan suci Ramadhan 1441 hijriah/2020 masehi.

"Kami mengikuti arahan pemerintah, tidak ada pelaksanaan shalat tarawih selama wabah virus corona," kata Wakil Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami Keramat Luar Batang, Maswi kepada Antara di Jakarta, Kamis malam.

Selengkapnya di sini

4. Komplotan pembobol minimarket akui sudah delapan kali jalankan aksi

Komplotan perampok spesialis minimarket yang berhasil diringkus oleh penyidik Polda Metro Jaya mengaku sudah delapan kali membobol minimarket di Jakarta dan sekitarnya.

Para tersangka yang diamankan petugas diketahui berinisial MT (31), DN (28), HS (48) dan F (33), Sedangkan pimpinan komplotan itu yakni FS (36) tewas diterjang timah panas lantaran melawan petugas saat akan dilakukan penangkapan.

Selengkapnya di sini

5. Tes cepat COVID-19 "drive thru" diikuti pengemudi ojek daring

Pelaksanaan tes cepat deteksi COVID-19 secara 'drive thru' atau layanan tanpa turun (lantatur) dari kendaraan bagi pesertanya, di depan Kejaksaan Agung RI, Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Kamis, kebanyakan diikuti pengemudi ojek dan taksi dalam jaringan (daring).

Para pengemudi ojek daring tersebut tampak antusias mengikuti tes cepat COVID-19 secara 'drive thru' yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Agung RI dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Selengkapnya di sini

Masuk zona merah, Cilegon perketat aturan PSBB

Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020