Banyak orang tonton film, lalu lintas streaming naik 193 persen

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Warga menonton film karya sineas Indonesia di salah satu aplikasi perangkat elektronik di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Jakarta (ANTARA) - Lalu lintas data untuk kegiatan streaming di Indonesia meningkat tajam sejak sebagian besar orang beraktivitas di rumah di tengah pandemik virus corona baru (COVID-19).

Operator 3 Indonesia mencatat, sejak dikeluarkannya imbauan pembatasan fisik, lalu lintas data untuk kegiatan streaming naik 193 persen.

Peningkatan sebesar itu terjadi di tujuh layanan streaming film premium, yakni Viu, Netflix, iflix, Amazon Prime Video, KlikFIlm, DrakorID, dan Vidio, kata 3 Indonesia dalam pernyataannya, dikutip Rabu.

Baca juga: Musisi soroti pembagian upah streaming saat "lockdown"

Baca juga: YouTube Music tambah dua fitur baru


3 Indonesia memprediksi tren akan terus berlanjut di bulan Ramadhan ini dengan perkiraan semakin banyaknya pengguna yang akan mengandalkan streaming film sebagai sumber hiburan, terutama saat "ngabuburit" dan selepas berbuka.

Untuk melengkapi kenyamanan kegiatan streaming selama Ramadhan, 3 Indonesia menyediakan akses ke berbagai drama religi favorit melalui aplikasi bima+ untuk senantiasa menemani pengguna, kata Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia.

Melalui bima+, pengguna 3 Indonesia dapat berlangganan ke berbagai layanan streaming film premium seperti KlikFilm, VIU, Amazon Prime Video, tanpa kartu kredit.

Baca juga: Pengguna IM3 Ooredoo kini bisa akses Viu Premium tanpa berlangganan

Baca juga: Pertumbuhan pelanggan Netflix diperkirakan tak lama


3 Indonesia juga menawarkan paket KeepOn Movie seharga Rp29.000 yang sudah termasuk langganan aplikasi KlikFilm secara gratis selama 7 hari, kuota internet sebesar 5GB, gratis telepon dan SMS, akses game di TriXogo, serta cashback pulsa sampai dengan Rp100.000 spesial di bulan ramadhan.

Aktivitas streaming pelanggan 3 Indonesia juga didukung oleh berbagai teknologi jaringan seperti Core Network Function Virtualization (NFV) berbasis Cloud Computing, Carrier Aggregation (CA), dan Caching Solution.

Dengan teknologi NFV, 3 Indonesia dapat mengendalikan banyak fungsi jaringan melalui satu server untuk mempercepat transfer data, sedangkan teknologi CA menggabungkan dua atau lebih frekuensi untuk dipakai oleh satu pengguna yang sama sehingga mempercepat koneksi internet.

Caching solution membantu mempercepat akses dalam mengakses konten film. Teknologi tersebut membantu meminimalkan buffering selama streaming film berlangsung, sehingga pengguna 3 bisa semakin nyaman nonton streaming film seharian selama Ramadhan ini.

Baca juga: Telkomsel "mobile security" solusi amankan data perusahaan saat WFH

Baca juga: Telkomsel gratiskan akses ke situs resmi informasi COVID-19


Baca juga: Bangun 9.000 BTS, 3 jangkau 200 juta pengguna di 300 kabupaten

Menkominfo minta Netflix prioritaskan film Indonesia

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020