Polres Bangka siapkan 110 personel amankan Shalat Idul Fitri

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Kabag Ops. Kompol Faisal F, SIK (babel.antaranews.com/kasmono)
Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Bangka, Polda Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 110 personel polisi yang akan ditugaskan mengamankan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di sejumlah tempat di daerah ini, Minggu (24/5).

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan diwakili Kabag Ops Kompol Faisal F, di Sungailiat, Sabtu, mengatakan sebanyak 110 personel polisi yang disiapkan tersebut difokuskan melakukan pengamanan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 114 Hijriah, baik yang dilaksanakan di masjid maupun di lapangan.

Teknis pelaksanaan pengamanan Shalat Idul Fitri, kata dia, berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19, agar kegiatan yang dilaksanakan masyarakat itu tetap mengacu protokol kesehatan COVID-19.

"Jamaah Shalat Idul Fitri akan diukur suhu tubuh, diharuskan memakai masker, serta menjaga jarak," ujarnya pula.
Baca juga: Pemkab Bangka Barat salurkan bantuan ke masjid


Pengamanan yang sama, kata Faisal, dilakukan sampai ke tingkat jajaran kepolisian sektor yang tersebar di delapan kecamatan dengan mengedepankan koordinasi antartim kesehatan dan masyarakat setempat.

"Jamaah Shalat Idul Fitri di wilayah kecamatan tetap akan kami lakukan pengamanan atau pengawasan, agar dalam pelaksanaan ibadahnya dapat mematuhi protokol kesehatan," katanya pula.

Menurutnya, dalam Operasi Ketupat Menumbing 2020, Polres Bangka membentuk tiga pos pengamanan maupun pos pelayanan di Kecamatan Merawang, di BKPM Sungailiat, dan Kecamatan Riau Silip.

"Baik di pos pengamanan maupun pos pelayanan, ditempati beberapa personel polisi, TNI, petugas perhubungan dan petugas berwenang lainnya," katanya lagi.

Kondisi keamanan ketertiban wilayah secara umum sampai dengan saat ini relatif cukup aman dan kondusif serta arus kendaraan dalam kota lancar terkendali.

"Saya imbau seluruh masyarakat mematuhi anjuran protokol kesehatan untuk mempercepat memutus rantai penyebaran COVID-19, dengan cara memakai masker keluar rumah, menghindari kerumunan, menjaga jarak serta rutin mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun," katanya pula.
Baca juga: Polres Bangka perketat pengawasan warga mudik Lebaran
Pewarta:
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020