Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan dapur umum untuk para pemudik yang berada di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok.

"Kami akan siapkan dapur umum untuk membantu para pemudik mendapatkan makanan pada saat mengantre di Pelabuhan Tanjungkalian," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Jumat.

Menurut dia, penyediaan dapur umum untuk para pemudik tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pelaku perjalanan yang sedang mengantre menunggu jadwal keberangkatan kapal feri menuju Pelabuhan Tanjungapiapi, Sumatera Selatan.

Baca juga: Babel sediakan bus gratis bagi mahasiswa di Pulau Bangka

Selain menyiapkan dapur umum, kata dia, Pemkab Bangka Barat juga akan menyiapkan bus operasional untuk mengangkut para pemudik yang terjebak antrean panjang.

Penambahan beberapa fasilitas juga akan segera direalisasikan, seperti lokasi untuk terminal penyangga khusus mobil angkutan logistik dan truk agar bisa memperpendek antrean berkumpul dalam satu lokasi.

"Beberapa bus juga akan kita sediakan untuk mengangkut para pemudik seperti ibu-ibu dan keluarga khususnya ibu hamil dan menyusui agar mereka bisa beristirahat di lokasi yang sudah disiapkan," katanya.

Baca juga: Polres Bangka Tengah menerjunkan 77 personel pengamanan Lebaran

Ia menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan beberapa pemangku kepentingan terkait dan para mitra di Bangka Barat untuk bersama-sama menyediakan fasilitas untuk pemudik, antara lain layanan wi fi gratis, panggung hiburan, dan layar tancap.
Pemkab Bangka Barat siapkan WC portabel di sejumlah lokasi di sepanjang jalan menuju Pelabuhan Tanjungkalian Mentok. (ANTARA/HO-Diskominfo Bangka Barat)

Sarana lainnya, seperti ketersediaan WC portabel juga sudah disiapkan di sisi jalan utama yang bisa dimanfaatkan para pemudik yang masih mengantre di sepanjang jalan menuju pelabuhan tersebut.

Baca juga: Pemprov Babel apresiasi pelayanan mudik Pelabuhan Tanjungkalian

"Kami sangat serius memberikan pelayanan kepada mereka, walaupun para pemudik ini bukan semua asli Bangka Barat tapi kita tetap melayani tamu-tamu kita yang datang ini," kata Bong Ming Ming.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022