Palembang (ANTARA) - Jumlah pengguna jasa angkutan laut kapal cepat tujuan Palembang-Bangka pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi mulai bergerak naik.

Hari ini penumpang semakin ramai dan berdasarkan data pemesan tiket, puncaknya terjadi pada 1 Mei 2022, kata petugas kapal cepat Exspress Bahari Ferry, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan jumlah penumpang kapal cepat tujuan Palembang-Bangka pada arus mudik Lebaran 2022 ini belum terjadi peningkatan yang berarti, namun dari arah sebaliknya trennya mulai meningkat.

Berdasarkan data keberangkatan kapal cepat melalui terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang bergerak naik, beberapa hari sebelumnya berkisar 100-150 orang kini mencapai 200 orang diseberangkan ke Pulau Bangka.

Baca juga: Pegadaian gandeng ACT Sumsel salurkan bantuan paket pangan Ramadhan

Baca juga: Tim SAR temukan korban hilang tabrakan kapal cepat di Muba


Melihat kondisi penumpang pada arus mudik ini, jumlahnya tidak membludak seperti di pelabuhan daerah lain, sehingga tidak perlu dilakukan persiapan secara maksimal atau menyiapkan kapal tambahan.

Namun, pada kondisi arus balik pada pekan kedua Mei 2022 , diprediksi bisa terjadi peningkatan jumlah penumpang, karena warga dari sejumlah daerah Provinsi Sumatera Selatan yang merantau ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu, setelah mudik Lebaran biasanya balik membawa saudara atau teman untuk mencari kerja di Bangka dan beberapa daerah setempat lainnya.

Menghadapi lonjakan penumpang pada puncak arus balik lebaran, diupayakan penambahan satu armada kapal cepat dengan kapasitas daya angkut 200 orang.

Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan tujuan Palembang-Bangka serta sebaliknya pada arus mudik dan balik, bisa memesan tiket kapal cepat secara daring melalui aplikasi Express Bahari dan
agen resmi dengan tarif Rp250.000 per orang satu kali perjalanan untuk kelas eksekutif, dan Rp300.000 untuk kelas VIP, katanya.

Sementara petugas posko mudik Pelabuhan Boom Baru Palembang Akmal menjelaskan bahwa pada arus mudik Lebaran sekarang ini ada dua unit kapal cepat milik perusahaan pelayaran Exspress Bahari yang dioperasikan melayani rute Palembang-Bangka.

Meskipun tidak terjadi lonjakan penumpang seperti pelabuhan lain di sejumlah daerah, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, pihaknya bersama instansi terkait membuka posko mudik lebaran di sekitar area pelabuhan, kata petugas posko mudik.*

Baca juga: Satu orang tewas dalam tabrakan dua kapal cepat di Musi Banyuasin

Baca juga: Penumpang kapal cepat Palembang-Bangka masih ramai

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022