Belitung, Babel (ANTARA) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, menyatakan arus balik Lebaran 2022 di pelabuhan Tanjung Pandan mulai terjadi hari ini seiring kembali beroperasinya kapal cepat di pelabuhan itu.

"Arus balik Lebaran 2022 berlangsung mulai hari ini karena kapal cepat Express Bahari 3 E kembali beroperasi usai libur Idul Fitri," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Iswandi di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, arus balik Lebaran 2022 di pelabuhan Tanjung Pandan dilayani oleh satu Kapal Cepat Express Bahari 3 rute Tanjung Pandan - Pangkal Balam dengan kapasitas sebanyak 450 penumpang.

Ia mengatakan jumlah penumpang yang berangkat pada, Rabu (4/5) atau hari pertama keberangkatan kapal usai libur Lebaran tercatat sebanyak 217 orang.

Baca juga: Jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung menurun

Baca juga: Arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan berjalan lancar


"Hari pertama keberangkatan kapal jumlah penumpang cukup ramai dan kami prediksi jumlah ini akan terus bertambah," ujarnya.

Dikatakan dia, puncak arus balik Lebaran 2022 di pelabuhan tersebut akan berlangsung mulai Jumat (6/5), Sabtu (7/5) dan Ahad (8/5) mendatang.

"Karena pada hari-hari tersebut merupakan hari terakhir masa cuti bersama atau libur panjang dan akan kembali masuk kerja," katanya.

Ia mengimbau kepada para pemudik yang melintas di pelabuhan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Kami imbau penumpang tetap disiplin protokol kesehatan COVID-19 selama perjalanan. Mudik aman, sehat dan nyaman," ujarnya.*

Baca juga: Pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan tercatat 353 orang

Baca juga: KSOP pastikan tak ada penumpukan pemudik di Pelabuhan Tanjung Pandan

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022