Warga di zona hijau gelar Shalat Id berjamaah sambut Hari Kemenangan

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Warga melaksanakan Shalat Id berjamaah merayakan Hari Kemenangan, Bekasi, Minggu (24/5/2020). (ANTARA/Katriana)
Jakarta (ANTARA) - Puluhan warga di zona hijau menyelenggarakan Shalat Id berjamaah di dalam lingkungan kompleks untuk melaksanakan salah satu ibadah sunah yang dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri setelah satu bulan berpuasa.

"Karena ini suatu Hari Kemenangan untuk kita, umat Islam semuanya. Kalau enggak ada Shalat Id di akhir Ramadhan itu rasanya sedih. Semoga kita bisa melengkapi ibadah kita semuanya," kata Nur Hidayati, salah satu warga di kompleks perumahan yang selama pandemi COVID-19 telah menerapkan karantina kelompok guna mencegah penularan virus itu, Bekasi, Minggu.

Meski ada kekhawatiran tertular saat melaksanakan ibadah shalat tersebut, tetapi warga percaya risiko penularan itu kemungkinan kecil terjadi karena mereka menerapkan protokol kesehatan.

"Pastinya ada kekhawatiran. Cuma kita juga tetap menjaga jarak dan memakai masker. Kami masih terus mengikuti protokol kesehatan," kata Windu, warga lain yang mengikuti Shalat Id berjamaah.

Warga di kompleks perumahan Telaga Murni, Bekasi, melaksanakan Shalat Id berjamaah di sepanjang jalan di dalam lingkungan kompleks dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah kemungkinan penularan virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.

Baca juga: Di Kendari Shalat Idul Fitri tetap taat protokol kesehatan

Baca juga: Khatib : Rasullah SAW pernah terapkan physical distancing



Dengan tetap memakai masker, warga yang mengikuti Shalat Id berjamaah juga menjaga jarak antara satu jamaah dengan jamaah lainnya selama melaksanakan ibadah sunah tersebut.

Panitia pelaksanaan Shalat Id berjamaah juga mengingatkan warga untuk tidak saling berjabat tangan saat bermaaf-maafan guna menghindari penyebaran virus melalui tangan.

Sejak wabah COVID-19 mendera Indonesia pada awal Maret 2020, warga di kompleks perumahan tersebut telah melakukan karantina kelompok untuk menghindari penyebaran virus tersebut.

Petugas keamanan berjaga di pintu gerbang kompleks dan melakukan penyemprotan disinfektan kepada warga yang keluar dan masuk serta mengharuskan mereka untuk memakai masker saat akan keluar.

Baca juga: Muslim di Garut terapkan aturan kesehatan saat Shalat Id berjamaah

Mahfud MD berterima kasih kepada seluruh masyarakat

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020