Lentera Ramadan tradisional, atau fanoos dalam bahasa Arab, berasal dari Mesir ratusan tahun silam...
Kairo (ANTARA) - Menyambut bulan suci Ramadan yang akan dimulai pada Sabtu (2/4), berbagai lentera dekoratif tradisional menghiasi sejumlah jalan dan menerangi malam di Timur Tengah, termasuk Suriah, Yaman, Lebanon, dan Palestina.

Meski harga barang-barang naik di banyak negara menjelang Ramadan di tengah konflik Rusia-Ukraina, banyak umat Muslim tetap membeli lentera, kurma, penganan manis, dan kacang-kacangan untuk merayakan bulan suci.

Lentera Ramadan tradisional, atau fanoos dalam bahasa Arab, berasal dari Mesir ratusan tahun silam. Saat itu, lentera digunakan untuk menerangi jalanan yang gelap, tetapi kemudian dijadikan mainan untuk menambah kegembiraan bagi anak-anak dan keluarga.

Selama bulan Ramadan, umat Muslim akan menahan diri dari makan, minum, dan merokok sejak matahari terbit hingga terbenam.
 
Dua orang anak berpose untuk difoto dengan lentera menjelang bulan suci Ramadan di sebuah pasar lentera di Kairo, Mesir, pada 18 Maret 2022. (Xinhua/Ahmed Gomaa). Seorang pria memotret lentera menjelang bulan suci Ramadan di sebuah pasar di Kairo, Mesir, pada 18 Maret 2022. (Xinhua/Ahmed Gomaa)
 
Seorang pria memotret lentera menjelang bulan suci Ramadan di sebuah pasar di Kairo, Mesir, pada 18 Maret 2022. (Xinhua/Ahmed Gomaa)Seorang pedagang Yaman memegang lentera dekoratif di sebuah pasar di Sanaa, ibu kota Yaman, pada 31 Maret 2022. (Xinhua/Mohammed Mohammed)
 
Seorang pedagang Yaman memegang lentera dekoratif di sebuah pasar di Sanaa, ibu kota Yaman, pada 31 Maret 2022. (Xinhua/Mohammed Mohammed)Warga Suriah terlihat berbelanja dekorasi untuk bulan suci Ramadan yang akan datang di Damaskus, ibu kota Suriah, pada 27 Maret 2022 (Xinhua/Ammar Safarjalani)
 
Warga Suriah terlihat berbelanja dekorasi untuk bulan suci Ramadan yang akan datang di Damaskus, ibu kota Suriah, pada 27 Maret 2022 (Xinhua/Ammar Safarjalani)Sejumlah orang membeli dekorasi Ramadan di sebuah toko di Beirut, Lebanon, pada 1 April 2022. (Xinhua/Bilal Jawich)
 
Sejumlah orang membeli dekorasi Ramadan di sebuah toko di Beirut, Lebanon, pada 1 April 2022. (Xinhua/Bilal Jawich) Seorang pedagang memajang lentera pada malam hari pertama di bulan suci Ramadan atau bulan puasa umat Islam, di kota Nablus, Tepi Barat, pada 1 April 2022. (Xinhua/Ayman Nobani)
 
Seorang pedagang memajang lentera pada malam hari pertama di bulan suci Ramadan atau bulan puasa umat Islam, di kota Nablus, Tepi Barat, pada 1 April 2022. (Xinhua/Ayman Nobani) Seorang anak perempuan memegang lentera di pasar Al-Zawiya menjelang bulan bulan suci Ramadan atau bulan puasa umat Islam di Gaza City, pada 28 Maret 2022. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)
 
Seorang anak perempuan memegang lentera di pasar Al-Zawiya menjelang bulan bulan suci Ramadan atau bulan puasa umat Islam di Gaza City, pada 28 Maret 2022. (Xinhua/Rizek Abdeljawad

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022