Jakarta (ANTARA) - Pengelola Tempat Pemakaman Umum (TPU) Grogol Kemanggisan Jakarta Barat memastikan proses pemakaman jenazah tidak terganggu meskipun peziarah ramai berdatangan menjelang Ramadhan.

Baca juga: Kelompok tani di Jakarta Utara panen padi di dekat TPU Rorotan

"Prioritas utama kita tentu yang melakukan pemakaman. Jangan sampai orang tidak bisa memakamkan karena banyak peziarah," kata petugas administrasi sekaligus pengelola TPU Grogol Kemanggisan, Jakarta Barat, Ebit di Jakarta, Sabtu.

Ebit pun menyiapkan beberapa antisipasi jika TPU di wilayahnya ramai peziarah pada Ramadhan nanti. Salah satunya mengerahkan petugas untuk mengatur pergerakan lalu lintas di dalam kawasan TPU.

Ebit menuturkan petugas TPU akan memprioritaskan mobil ambulans yang datang untuk memakamkan dibandingkan kendaraan para peziarah.

Baca juga: DKI tampik ada pemborosan anggaran dalam pengadaan lahan makam

Selain itu, pihaknya akan memprioritaskan keluarga yang memakamkan jenazah di lokasi TPU.

Dengan demikian, pihak yang ingin melakukan pemakaman tidak akan terhalang dengan aktivitas peziarah.

Ebit juga mengingat para peziarah dan keluarga yang melakukan pemakaman untuk menaati protokol kesehatan dengan memakai masker dan berjaga jarak selama beraktivitas di sekitar TPU.

"Walaupun sudah dibuka untuk umum, kami harap warga mau menerapkan protokol kesehatan dengan ketat demi keamanan dan kenyamanan bersama," tutur dia.

Baca juga: Gubernur DKI Jakarta tinjau TPU Rorotan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022