421 peserta yang mendaftar secara daring, ada di antaranya peserta dari Aceh dan Sumatera Utara
Pasaman Barat, Sumbar (ANTARA) - Sebanyak 421 peserta yang terdiri atas guru dan siswa telah mendaftarkan diri mengikuti perlombaan pada Festival Tahfiz Ramadhan yang diadakan oleh Darul Hikmah Islamic Boarding School di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, hingga Sabtu.

Panitia Tahfiz Ramadhan Darul Hikmah, Ustadzah Syamina di Simpang Empat, Pasaman Barat, Sabtu, mengatakan 421 peserta yang mendaftar secara daring, ada di antaranya peserta dari Aceh dan Sumatera Utara.

Selebihnya peserta ada dari Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, Sijunjung, 50 Kota, Payakumbuh, Bukittinggi, Padang, Solok dan lainnya.

Baca juga: Pasaman Barat terima bantuan untuk korban gempa dari Pemprov Jambi

Menurutnya, peserta lomba menghafal Al Quran itu kemungkinan akan terus bertambah karena pendaftaran perlombaan baru ditutup pada Minggu (17/4).

Perlombaan pada Festival Tahfiz Ramadhan 1443 Hijrah diadakan secara gratis dimulai sejak Sabtu (9/4) dengan mengirimkan video hafalan ayat Al Quran yang telah ditentukan ke grup WhatsApp (WA) panitia.

Adapun hadiah yang akan diberikan dalam kegiatan itu yakni piala, medali, tabungan dan sertifikat.

Baca juga: Kemenag-Arab Saudi gelar musabaqah Al Quran dan Hadits ke-14

"Peserta yang mengikuti lomba Tahfiz Ramadhan ini harus mengirimkan video hafalan ke grup WhatsApp yang telah ditetapkan oleh panitia dan pendaftarannya lewat via google form," katanya.

Ia mengajak calon peserta segera mendaftar dan mengirimkan video hafalan, untuk Kelas 4-6 SD/MI dengan Quran Surat Asy Syams Ayat 1-15, Kelas 7-9 SMP/MTS Qur’an Surat At Thariq Ayat 1-17 dan Guru SD/MI serta SMP/MTS, Qur’an Surat Al Infithor Ayat 1-19.

Adapun untuk pendaftaran dan pengiriman video, secara daring pada 9-17 April 2022. Penilaian juri pada 15-18 April 2022 dan pengumuman grand final pada Rabu (20/4).

Baca juga: Unand bantu penyediaan listrik tenaga surya untuk pondok tahfiz

Sedangkan grand final pada Minggu (24/4) dan pengumuman pemenang Kamis (28/4), secara luar jaringan (luring).

Ia menambahkan grand final dan final dilakukan secara luring yaitu sambung ayat maupun surat dalam Al Quran yang selanjutnya akan diinformasikan saat peserta masuk grand final di SMP IT Darul Hikmah, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat.

Bagi para peserta yang ingin mendaftar bisa melalui link pendaftaran https.//bit.ly/DaftarFestivalTahfizhRamadhan. 

Baca juga: Tanah Datar punya sekitar 10 ribu hafiz

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022