Target layanan kami tambah yakni sebanyak 400 penukar setiap hari selama tiga hari dengan jam layanan mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB di Roxy Square Jember
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Tujuh bank berpartisipasi untuk melayani masyarakat umum dalam penukaran pecahan uang baru menjelang Lebaran 2022 di Serambi Rupiah Ramadhan yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember di pusat perbelanjaan Roxy Mall di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin hingga Rabu (20/4).

"Kami bekerja sama dengan 7 bank umum antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, BPD Jatim, Bank Jatim Syariah dan Bank Muamalat untuk memberikan layanan penukaran dalam bentuk per paket setiap pecahan dengan masing-masing satu bendel," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Yukon Afrinaldo saat melepas mobil kas keliling di Kantor BI setempat, Senin.

Menurut dia, pelayanan penukaran pecahan uang baru tersebut menggunakan aplikasi Pintar sebagai upaya mitigasi kerumunan masyarakat yang berpotensi meningkatkan penyebaran COVID-19.

"Informasi yang kami dapat bahwa jumlah warga yang sudah menggunakan aplikasi Pintar untuk menukar uang baru sudah penuh setiap harinya pada 18-20 April 2022 yakni sebanyak 125 orang," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihak Bank Indonesia Jember menambah kuota yang lebih banyak lagi agar bisa melayani masyarakat yang ingin menukarkan pecahan uang baru untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran 2022.

"Target layanan kami tambah yakni sebanyak 400 penukar setiap hari selama tiga hari dengan jam layanan mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB di Roxy Square Jember," katanya.

Ia menjelaskan masyarakat yang tidak menggunakan aplikasi Pintar juga bisa menukarkan uang baru di kas keliling Serambi Rupiah Ramadhan karena pihaknya menambah kuota penukar menjadi 400 orang dengan batas penukaran maksimal Rp3,8 juta per orang.

"Setiap penukar hanya bisa menukar pecahan Rp1.000 hingga Rp20.000 masing-masing satu bendel, sehingga kalau mau menukar pecahan semuanya totalnya Rp3,8 juta," ujarnya.

BI Jember menyiapkan sebesar Rp4,98 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran 2022 di lima kabupaten yang menjadi wilayah kerja BI Jember yakni Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

Titik penukaran di wilayah BI Jember meliputi 81 titik penukaran loket bank umum yang dapat dimanfaatkan masyarakat selaku nasabah bank mulai tanggal 4 hingga 29 April 2022.

Baca juga: Penuhi uang tunai Lebaran, BI Jember siapkan Rp4,98 triliun

Baca juga: Bangkitkan UMKM saat pandemi, BI Jember gelar peragaan busana batik

Baca juga: Masyarakat bisa tukar uang pecahan Rp75 ribu untuk Lebaran

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022