Saya mengajak wisatawan domestik kita agar liburan di dalam negeri saja. Kita harus selamatkan 11 miliar dolar AS yang selama ini dibelanjakan wisatawan Indonesia ke luar negeri
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno menganggap libur Lebaran di desa wisata dapat memecah kemacetan karena memiliki alur yang sedikit terdeviasi dari alur mudik biasanya.

“Misalnya di Jawa Barat nanti di Majalengka, Subang, maupun di Cirebon (bisa ke) desa (wisata) Gegesik Kulon. Kalau di Jawa Tengah itu seputar Borobudur banyak sekali desa-desa wisata,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers mingguan, di Jakarta, Senin.

Khusus Borobodur, Sandiaga menyatakan destinasi wisata itu menarik banyak perhatian orang sehingga Wakil Presiden Ma’ruf Amin memutuskan untuk mengadakan kunjungan kerja dalam rangka memastikan persiapan kawasan pariwisata tersebut.

Dalam hal ini, pihaknya turut berpartisipasi untuk mempersiapkan wisata di Borobudur dengan kolaborasi bersama Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 agar layak dikunjungi wisatawan.

“Ini gak bisa kita lakukan sendiri. Ini lintas kementerian/lembaga, lintas pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan juga Pentahelix,” ungkap Sandiaga.

Baca juga: Menparekraf dorong biro perjalanan perkuat promosi desa wisata

Adanya liburan pada saat Lebaran tahun 2022 dinilai akan meramaikan destinasi unggulan di setiap kabupaten/kota.

“Misalnya kalau di Jakarta yang bisa diprediksi Ancol, Ragunan, Taman Mini, dan mungkin di seputar destinasi-destinasi yang selama ini menjadi favorit,” ucapnya.

Seperti diketahui, 48 juta orang atau 60 persen dari 80 juta pemudik selama libur Lebaran diprediksi akan mengunjungi tempat wisata.

Meninjau data statistik tahun 2020, lanjut dia, pengeluaran wisatawan nusantara (wisnus) mencapai rata-rata Rp1,5 juta per orang, sehingga diperkirakan total pengeluaran para pemudik yang mengunjungi tempat wisata tahun ini mencapai Rp72 triliun.

“Saya mengajak wisatawan domestik kita agar liburan di dalam negeri saja. Kita harus selamatkan 11 miliar dolar AS yang selama ini dibelanjakan wisatawan Indonesia ke luar negeri,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga: Pertumbuhan desa wisata simbol dari kebangkitan ekonomi RI

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022