THR (Tunjangan Hari Raya) disimpan supaya bisa beli produk UMKM di daerah agar keuangan tidak hanya berputar di kota saja tapi di juga di desa-desa,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kreatif Sandiaga Uno,  mengharapkan para pemudik untuk membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kampung halaman agar keuangan juga berputar di  desa.
 
"THR (Tunjangan Hari Raya) disimpan supaya bisa beli produk UMKM di daerah agar keuangan tidak hanya berputar di kota saja tapi di juga di desa-desa," kata Sandi dalam khotbah tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin.
 
Sandi mengatakan keuangan Indonesia menguat pasca pandemi COVID-19 salah satunya di bidang ekonomi kreatif, maka Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya untuk melipatgandakan kekuatan tersebut.
 
Salah satunya dengan membuat daftar masjid yang terangkum dalam katalog Mudik Jelajah Masjid. Katalog tersebut memuat masjid-masjid yang berada di jalur mudik seperti Trans Sumatera, Pantura, Pansela, dan Tol Trans Jawa.

Dengan demikian, masjid juga bisa membantu UMKM di daerah-daerah agar mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat.
 
"Masjid menjadi simbol ukhuwah islamiyah dan wathaniyah (persaudaraan sesama muslim dan negara). Masjid tidak hanya sebagai pusat peribadatan tetapi juga muamalah," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.
 
Menurutnya Indonesia sangat cocok menjadikan wisata religi sebagai salah satu wisata utama karena Indonesia memiliki Muslim terbanyak di dunia dan jumlah masjid yang tidak kurang dari 751 ribu.
 
Kemenparekraf membantu masjid-masjid tersebut dengan mengidentifikasinya satu per satu dan mencari aspek nilai jual dari setiap masjid yang teridentifikasi supaya bisa dijadikan destinasi wisata religi dan membantu ekonomi kreatif masyarakat setempat, tambah dia.
 
Selain itu, wisata religi juga erat hubungannya dengan Indonesia karena dalam wisata religi tidak hanya menonjolkan aspek keagamaan tapi juga sejarah, tokoh, serta bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Indonesia.
 
"Seperti Masjid Istiqlal yang memiliki nilai arsitektur, seni budaya, edu-religi, dan eco-mosque dengan sertifikasi Green Mosque, salah satu yang terbaik di dunia," tambah Sandi. 
 
Sandi juga mengatakan ke depan Masjid Istiqlal akan terhubung dengan Monas setelah sebelumnya terhubung dengan Katedral yang akan menjadi kebanggaan bagi Indonesia.
 
Sandi berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama menjadikan masjid sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa meningkatkan keuangan UMKM serta mewujudkan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur (sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya).

Baca juga: Ciptakan mudik yang aman dengan lengkapi dosis vaksin COVID-19
Baca juga: BPKH sediakan ribuan kuota arus balik 2023

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023