Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mendorong upaya meminimalisasi dan mengurangi sampah selama momen mudik Lebaran 1443 Hijriah.

"KLHK mendorong perilaku masyarakat peduli sampah, dimulai dari upaya minim sampah selama mudik atau liburan Lebaran," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya saat melakukan peninjauan ke Stasiun Senen dan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dalam rangka pengelolaan sampah yang berakhir di tempat pemrosesan akhir (TPA),  seperti dikutip dari keterangan tertulis KLHK yang diterima di Jakarta, Selasa.

KLHK sebelumnya menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri LHK Nomor SE.3/MENLHK/PSLB3/PLB.0/4/2022 tentang Pengelolaan Sampah dalam Rangka Mudik Lebaran, yang bertujuan memperkuat komitmen serta peran pemerintah daerah melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah guna mengurangi timbulan di TPA.

Baca juga: Pemkab Dharmasraya: Gerakan "Mudik Minim Sampah" momen jaga lingkungan

Edaran itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi publik dalam usaha penanganan sampah lewat kebijakan mudik minim sampah.

Dalam peninjauan ke Stasiun Pasar Senen dan Pelabuhan Tanjung Priok, Menteri LHK Siti ingin meninjau kesiapan pengelolaan sampah yang timbul akibat aktivitas mudik dan memastikan kesiapan pemerintah daerah melaksanakan upaya pengelolaan sampah secara maksimal.

Ia menyampaikan bahwa KLHK ingin memastikan kesiapan fasilitas publik dalam antisipasi dampak timbulan sampah selama mudik hari raya.

Dalam peninjauan tersebut, Siti menyerahkan bantuan berupa sarana dan prasarana tempat sampah terpilah. Siti meminta kepada pengelola untuk menyediakan sarana dan prasarana tempat sampah, termasuk edukasi kepada publik untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang ditimbulkan.

Kampanye KLHK dengan semboyan "Mudik Minim Sampah" bertujuan mendorong masyarakat peduli terhadap upaya perilaku minim sampah, khususnya dalam kegiatan mudik Lebaran tahun ini.

Melalui SE Menteri LHK 3/2022, KLHK meminta kesiapan pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk melaksanakan upaya pengelolaan sampah dengan maksimal selama masa mudik Lebaran.

Baca juga: Ganjar Pranowo minta pemudik tidak "nyampah"

Baca juga: Saatnya puasa sampah kala mudik


Siti menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan hal itu sejak beberapa bulan lalu. KLHK juga telah memeriksa cara kerja di stasiun, pelabuhan, bandara dan tempat istirahat atau rest area di jalan tol.

"Kita juga telah mengingatkan pemerintah daerah, berkoordinasi dengan tingkat pusat untuk mengingatkan dan mengedukasi pemudik, mengecek sarana pengelolaan sampahnya hingga ke TPA. Langkah-langkahnya sudah sesuai standard, ini tidak gampang, namun mudah-mudahan semakin baik," kata Siti Nurbaya.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022