Upaya tersebut bertujuan untuk penguatan disiplin protokol kesehatan warga yang akan mudik lebaran
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendukung adanya pos komando (posko) penguatan protokol kesehatan di fasilitas bandar udara (bandara) dan pelabuhan laut atau penyeberangan.

"Upaya tersebut bertujuan untuk penguatan disiplin protokol kesehatan warga yang akan mudik lebaran," kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Abdul menjelaskan berdasarkan pantauan personel BNPB di Pelabuhan Merak pada Sabtu (30/4) menginformasikan para warga disiplin memakai masker. BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten membagikan masker kepada warga di kawasan pelabuhan.

Di samping itu, petugas juga membagikan masker kepada warga ataupun pedagang di sekitar kawasan tersebut. Petugas gabungan melakukan patroli keliling untuk memastikan para pemudik tertib protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Kepala BNPB-Menko PMK tinjau arus mudik Lebaran di Garut

Masih di wilayah pelabuhan, BNPB turut mendukung prokes di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Posko gabungan terdiri dari personel BNPB, BPBD Kabupaten Lampung Selatan, BMKG, PVMBG dan KKP.

"Posko di pelabuhan ini turut memantau situasi aktivitas Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda. Pada Jumat (29/4), petugas gabungan membahas rencana kontinjensi gunung berapi apabila terjadi kenaikan aktivitas," ujar Abdul.

Pada Kamis (28/4) Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto telah memantau kesiapan Pelabuhan Bakauheni menjelang puncak arus mudik maupun arus balik Lebaran 2022. Selama melakukan kunjungan, dirinya meninjau beberapa fasilitas yang terdapat di pelabuhan, antara lain pos terpadu pelabuhan Bakauheni, posko pemantauan mudik lebaran, gerai vaksin dan gerai tes usap.

Baca juga: BNPB petakan rawan bencana di jalur mudik Lebaran 2022

Sementara itu, BNPB yang juga sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memantau situasi di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. BNPB bersama BPBD Provinsi Banten mengoperasikan posko gabungan di kawasan ini.

Pantauan pada Sabtu (30/4) BNPB mencatat situasi pintu masuk keberangkatan di Terminal 1A sangat ramai, dan pintu kedatangan terminal 1A dalam keadaan sepi. Calon penumpang tertib melakukan prokes, seperti memakai masker.

Baca juga: BNPB: Upaya wujudkan tangguh bencana harus libatkan perempuan

Sedangkan di pintu masuk keberangkatan dan kedatangan di Terminal 2D, situasi tampak terkendali. Demikian juga di pintu keberangkatan dan kedatangan Terminal 2E dan Terminal 3, situasi tampak terkendali. Petugas yang menemui warga yang tidak memakai masker langsung memberikan masker dan meminta untuk memakainya.

Pihak otoritas bandara menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh untuk memonitor kondisi para penumpang. Alat ini bentuk skrining dini kepada para calon penumpang di bandara.

Baca juga: Polres Cianjur buka tempat istirahat pemudik di Puncak dan Haurwangi

Baca juga: Volume kendaraan pemudik di jalur selatan Cianjur meningkat


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022