Untuk puncak arus sudah terjadi sejak Sabtu (30/4) hingga Ahad (1/5) petang, diperkirakan 11.000 kendaraan pemudik melintas selama satu hari ini. Sebagian besar menuju arah Bandung dan seterusnya
Cianjur, Jabar (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, mencatat puncak arus mudik yang melintas di jalur utama Kabupaten Cianjur, sudah terjadi Ahad (1/5) Minggu petang atau satu hari menjelang Lebaran dengan perkiraan 11.000 kendaraan melintas dengan tujuan kota/kabupaten di Jabar.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan di Cianjur, Ahad mengatakan sejak pagi hingga petang peningkatan volume kendaraan dengan ciri khas mudik mendominasi jalur utama Cianjur hingga menjelang malam.

"Untuk puncak arus sudah terjadi sejak Sabtu (30/4) hingga Ahad (1/5) petang, diperkirakan 11.000 kendaraan pemudik melintas selama satu hari ini. Sebagian besar menuju arah Bandung dan seterusnya," katanya.

Ia menjelaskan hingga malam, arus kendaraan masih ramai lancar, tidak terlihat antrean kendaraan di titik rawan macet seperti Pasar Cipanas dan Pasar Ciranjang di jalan Raya Bandung-Cianjur.

Karena itu, pihaknya memprediksi puncak arus mudik sudah lewat.

Namun untuk memberikan rasa aman dan nyaman pihaknya menyiagakan ratusan anggota di masing-masing pos pam sebagai upaya antisipasi terjadinya antrian yang dapat menyebabkan macet total.

"Sampai pukul 20.30 WIB jalur utama Cianjur, masih ramai lancar. Bahkan di sejumlah jalur protokol meski terjadi peningkatan kendaraan tidak menyebabkan macet. Tim pengurai dan ratusan petugas disiagakan untuk antisipasi dan mencairkan antrian," kata Donii Hermawa.

Sementara itu, berdasarkan pantauan ANTARA hingga menjelang tengah malam volume kendaraan di sepanjang jalur Puncak-Cianjur hingga jalan Raya Bandung-Cianjur, pengendara dapat melarikan kendaraan-nya dengan kecepatan normal.

Bahkan di sepanjang jalur Puncak hingga Cianjur, volume kendaraan mulai menurun.

Baca juga: Volume kendaraan pemudik di jalur selatan Cianjur meningkat

Baca juga: Polres Cianjur buka tempat istirahat pemudik di Puncak dan Haurwangi

Baca juga: Volume kendaraan pemudik di jalur utama dan alternatif meningkat

Baca juga: Selama Lebaran, Bupati Cianjur intruksikan puskesmas tetap beroperasi


 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022