Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono mengapresiasi warga setempat yang telah bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terkait dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah sehingga situasi di daerah itu tetap kondusif.

"Kami sangat mengapresiasi masyarakat Lombok Tengah yang telah mematuhi imbauan untuk bekerja sama menjaga situasi kamtibmas," kata dia dalam keterangan tertulis di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Ia menyatakan secara umum kamtibmas di daerah setempat, terutama saat malam takbiran dan Hari Raya Idul Fitri, kondusif dengan berbagai aktivitas masyarakat aman dan lancar.

Guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat saat malam takbiran dan Idul Fitri 1443 Hijriah, Kapolres Lombok Tengah  AKBP Hery Indra Cahyono bersama Dandim 1620/Lombok Tengah Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan menggelar patroli di semua wilayah.

Baca juga: Polisi dipastikan hadir di pusat keramaian serta tempat wisata Jateng

Kegiatan patroli bersama itu dalam rangka memelihara situasi kamtibmas di Kabupaten Lombok Tengah agar tetap mantap, sekaligus sebagai wujud sinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat malam takbiran.

"Saya turun langsung ke tengah-tengah masyarakat bersama Dandim 1620 menggunakan sepeda motor, guna memastikan keamanan dalam pelaksanaan malam takbiran," katanya.

Lokasi yang ditinjau di antaranya lokasi awal pawai takbiran, yaitu di depan masjid agung, Alun-Alun Tastura Praya, dan pusat pertokoan yang biasanya menjadi pusat keramaian masyarakat. Situasi saat malam takbiran terpantau ramai lancar. Walaupun ada di beberapa titik terjadi kepadatan namun dapat diurai langsung personel yang melakukan pengamanan, baik dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, maupun instansi terkait.

"Secara umum pelaksanaan kegiatan malam takbiran berjalan dengan aman, tertib, dan lancar hingga berakhirnya acara," katanya.

Ia bersama dandim juga melakukan patroli ke sejumlah wilayah, seperti Kecamatan Praya Timur, Kecamatan Pujut, dan wilayah hukum Polres Lombok Tengah lainnya.

"Hal itu kita laksanakan guna memastikan situasi kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Tengah," katanya.

Dandim 1620/Lombok Tengah Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah di daerah itu dijamin aman dan kondusif, karena pihaknya sudah berkoordinasi dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk pengamanan.

“Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada 2–3 Mei 2022 kami menjamin keamanannya. Kami bersama jajaran polres telah mempersiapkan kekuatan untuk pengamanan ini," katanya.

Baca juga: Satpol PP Depok siagakan ratusan personel bantu pengamanan Lebaran
Baca juga: Satgas Pamtas merayakan Idul Fitri secara sederhana
Baca juga: Polda Sulbar menyiagakan 660 personel pengamanan Idul Fitri

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022