Jakarta (ANTARA) - Pemudik lokal mendominasi jalur Kalimalang-Bekasi, Kota Bekasi dengan kondisi lalu lintas ramai lancar pada H+1 Idul Fitri 2022 atau Rabu.

"Berdasarkan pantauan kita arus lalu lintas ramai lancar," ujar Perwira Pos Pengamanan Regu B Hypermall Mega Bekasi Iptu Devi Sumardiono saat ditemui Antara di lokasi, Rabu.

Baca juga: Relawan RAPI bergantian mudik demi beri informasi pada pemudik

Devi mengatakan pemudik lokal yang melintas didominasi warga yang mau bersilaturahmi ke keluarga terdekat maupun warga hendak pergi ke tempat rekreasi atau hiburan.

"Arus mudik masih ada tapi tidak signifikan dan didominasi oleh kendaraan roda dua yang menuju ke arah Cikarang, Cirebon, atau lokasi-lokasi yang dekat aja (Jabotabek)," ujar Devi.

Namun, Devi menuturkan kepadatan pemudik yang melintasi jalur Kalimalang-Bekasi tidak terlalu signifikan.

Baca juga: Kendaraan pemudik menurun saat malam takbiran di Kalimalang

Kawasan Kalimalang-Kota Bekasi adalah jalur alternatif bagi para pemudik yang menuju ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur dari Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Tinggal lalu lintasnya aja yang ramai lancar oleh roda dua dan roda empat. Arus lalu lintas lancar karena banyak warga yang ingin bersilaturahmi ke keluarga maupun ke tempat-tempat rekreasi atau hiburan," tutur Devi.

Ia memprediksi kepadatan kendaraan akan terjadi pada Jumat mendatang saat arus balik.

Sementara itu di Pintu Tol Bekasi Barat, perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek terpantau lancar.

Baca juga: Waspadai cuaca ekstrem saat musim mudik perdana usai pandemi

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022