Jakarta (ANTARA) - Jumlah penumpang Kereta Api (KA) yang berangkat dari area Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mulai mendekati volume normal pada tujuh hari usai Lebaran atau H+7.

“Volume penumpang keberangkatan mulai normal pada rata-rata keberangkatan harian penumpang pada masa pandemi,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa ketika dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa.

Eva menyampaikan untuk Selasa ini, terdapat 35 KA yang beroperasi di Stasiun Gambir dengan 8 diantaranya merupakan kereta tambahan. Volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 4.800 atau 28 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.200.

Jumlah tersebut sedikit menurun dari volume penumpang kemarin, Senin (9/5). Menggunakan 36 KA, jumlah penumpang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 6.300 atau 36 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.500 penumpang.

Sementara untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA beroperasi dengan 3 KA diantaranya merupakan KA Tambahan.

“Volume penumpang berangkat sebanyak 8.200 atau 38 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 21.500,” ujar Eva.

Angka tersebut juga mengalami penurunan jika dibandingkan volume penumpang berangkat Stasiun Pasar Senen pada Senin (9/5) yang tercatat sebanyak 9.600 atau 45 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.500 kursi.

Sehingga secara total jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun KA Jarak Jauh (KAJJ) di area Daop 1 Jakarta pada 10 Mei 2022 berjumlah 14.900 penumpang yang berangkat.

Lebih lanjut Eva menuturkan bahwa untuk keberangkatan periode 22 April-10 Mei sebanyak 579.900 tiket telah terjual. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

KAI Daop 1 Jakarta mencatat puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April hingga Mei 2022.

“Pada kurun waktu tersebut, okupansi penumpang KAJJ yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen,” tuturnya.

Eva mengimbau kepada para penumpang yang baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

Baca juga: H+7 Lebaran, Daop I Jakarta kedatangan 38.800 penumpang
Baca juga: Penumpang arus balik kereta api arah Jakarta di Cirebon masih tinggi
Baca juga: INKA dan KAI Commuter tanda tangani kerja sama pengadaan KRL

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022