Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian, satu sisi bahwa jalan tol yang ada di Jawa dan Sumatera memberikan dampak positif dan memberikan eforia baru bagi masyarakat untuk mudik, apalagi sudah dua tahun tidak melakukan mudik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa, resmi menutup pos koordinasi pusat angkutan Lebaran 2022 seiring dengan telah berakhirnya kegiatan masyarakat yang melakukan arus mudik dan arus balik pada perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Pelaksanaan posko koordinasi pusat angkutan terpadu Lebaran 2022/1443 Hijriah dengan ini saya nyatakan ditutup," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Budi mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dengan menugaskan Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan untuk melakukan penelitian terhadap aktivitas arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Menurutnya, hasil evaluasi itu nanti akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk ditindaklanjuti guna meningkatkan sarana, prasarana, hingga cara masyarakat melakukan mudik dan arus balik Lebaran.

"Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian, satu sisi bahwa jalan tol yang ada di Jawa dan Sumatera memberikan dampak positif dan memberikan eforia baru bagi masyarakat untuk mudik, apalagi sudah dua tahun tidak melakukan mudik," ujar Budi.

Selama kegiatan mudik dan arus balik Lebaran 2022, masyarakat lebih senang melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi.

Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan, jumlah kendaraan pribadi sebanyak 47 persen yang melakukan perjalanan dari Jabodetabek ke arah timur dan barat.

Budi menuturkan angka itu terbilang sangat besar dan harus dikelola dengan baik.

"Kami juga mencatat bahwa di Jabodetabek terdapat kenaikan penggunaan jalan tol kurang lebih 11,8 persen. Ini jumlah yang besar, apalagi ada kecenderungan keberangkatan dari para pemudik itu pada waktu-waktu tertentu," ungkapnya.

Lebih lanjut Budi mengapresiasi penurunan lalu lintas pemudik yang menggunakan sepeda motor selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Ia menilai komunikasi yang pemerintah sampaikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor telah didengar oleh masyarakat yang melakukan perjalan pulang kampung.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada pemudik yang tidak menggunakan motor," pungkasnya.

Baca juga: Menhub minta maaf apabila penyelenggaraan mudik belum penuhi harapan
Baca juga: Maksimalkan mudik, warga pilih tambah izin libur dari kantor
Baca juga: Menhub imbau pemudik kembali lebih awal atau setelah 8 Mei 2022

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022