apabila situasi darurat dan harus ada tambahan alat transportasi untuk angkutan Lebaran, kami menyediakan tiga bus cadangan itu
Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyediakan tiga bus cadangan untuk angkutan Lebaran 2023 apabila masyarakat maupun pemudik tidak mendapatkan angkutan umum saat masa angkutan Idul Fitri 1444 H.

"Nanti apabila situasi darurat dan harus ada tambahan alat transportasi untuk angkutan Lebaran, kami menyediakan tiga bus cadangan itu," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi di Bantul, Senin.

Menurut dia, tiga bus cadangan milik Dinas Perhubungan tersebut dapat digunakan kalau benar-benar kondisi darurat yang membutuhkan penanganan pemerintah daerah, kalau memang perusahaan otobus (PO) sudah tidak mampu mengangkut pemudik.

"Kalau dilihat dari kapasitas kendaraan yang dimiliki oleh PO-PO di Bantul selama ini mencukupi," katanya.

Singgih juga mengatakan dari komunikasi dengan pihak perusahaan otobus, beberapa sudah mendapat pesanan untuk mengantarkan pemudik dari dan keluar daerah.

Baca juga: Dishub memprediksi pemudik masuk wilayah Bantul capai dua juta orang

"Kemarin kami tanya sudah ada beberapa yang memang sudah dipesan untuk arus mudik, biasanya perusahaan di Jakarta kan sudah langganan untuk karyawan mudik sudah ada," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dalam menghadapi angkutan Lebaran 2023, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola angkutan baik yang tergabung dalam Organda maupun PO-PO yang ada di Bantul untuk memastikan kondisi kelayakan kendaraan.

"Sebelumnya kami juga lakukan 'ramp check' ke garasi masing-masing, kami lakukan dengan Polres pengecekan kondisi kendaraan yang pada umumnya baik, ada satu-dua yang memang kami rekomendasikan untuk diperbaiki," katanya.

Baca juga: Dishub Bantul siapkan posko lalu lintas sebelum-sesudah Lebaran 2023

Baca juga: Bantul kembangkan industri kreatif dengan ikutkan UMKM pada pameran

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023