Kami memperkirakan lonjakan penumpang mudik akan terjadi pada tanggal 15 April 2023
Batam, Kepri (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau menambah penerbangan untuk tujuan Padang, Palembang dan Pekanbaru untuk hadapi lonjakan penumpang pada mudik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah.

Direktur Utama PT. Bandara Internasional Batam Pikry Ilham Kurniansyah di Batam, Senin mengatakan setiap hari ada penambahan 1 maskapai dengan kapasitas 215 kursi per rute.

"Sudah ada penambahan pesawat ke Pekanbaru, Palembang, dan Padang. Setiap hari tambah 1 maskapai dengan kapasitas 215 seat per rute," ujar Pikry.

Ia menambahkan terdapat 84 penerbangan ke berbagai kota dalam sehari, dengan rute terbanyak menuju Jakarta, Kualanamu, Palembang, dan Pekanbaru.

"Kami memperkirakan lonjakan penumpang mudik akan terjadi pada tanggal 15 April 2023," katanya.

Dengan begitu pihaknya akan mendirikan posko siaga lebaran Idul Fitri di Bandara Hang Nadim Batam.

"Kemungkinan lonjakan penumpang meningkat di tanggal 15 April. Posko siaga untuk angkutan Lebaran. Nantinya posko tersebut bertujuan untuk koordinasi, dan pengambilan keputusan apabila terjadi hal yang mengganggu," katanya.

Ia menyampaikan posko tersebut akan bersiaga mulai tanggal 14 April hingga 5 Mei 2023 dengan melibatkan sejumlah pemangku kebijakan terkait, mulai dari dinas perhubungan, pihak kepolisian hingga BMKG setempat.

"Hang nadim sudah koordinasi dengan Forkopimda Batam. Pertama kami akan dirikan posko siaga untuk lebaran, tidak hanya pihak bandara saja namun seluruh stakeholder yang ada disini, membentuk posko mulai tanggal 14 April sampai 5 Mei," demikian Pikry Ilham Kurniansyah.

Baca juga: Arus mudik Hang Nadim diperkirakan mulai H-10

Baca juga: Bandara Hang Nadim siap layani angkutan mudik Lebaran

Baca juga: 40.000 pemudik kembali ke Batam memakai pesawat terbang

Baca juga: 120.000 pemudik tinggalkan Batam


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023