Merak (ANTARA) -
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Pelabuhan Ciwandan akan melayani pemudik lebaran 1444 H/2023 untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas di Pelabuhan Merak.

Namun, Pelabuhan Ciwandan itu, kata Muhadjir hanya untuk pemudik sepeda motor, sedangkan kendaraan pribadi melalui Pelabuhan Merak.

"Tahun ini akan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan untuk penyeberangan yang sebelumnya hanya dijadikan pelabuhan emergency disamping Pelabuhan Merak,"kata Muhadjir Effendy saat meninjau persiapan mudik lebaran di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, Senin.

Muhadjir mengatakan diprediksikan pemudik tahun 2023 mengalami kenaikan hingga 123 juta.

Peningkatan pemudik itu tentu harus diantisipasi untuk kelancaran arus lalu lintas dengan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan penyeberangan menuju Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Perubahan pelayanan itu atas petunjuk Presiden Joko Widodo, karena pengalaman mudik lebaran tahun-tahun lalu di Pelabuhan Merak terjadi kepadatan hingga terjadi antrean panjang kendaraan.

"Kami meyakini dengan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan dipastikan arus mudik lebaran berjalan lancar dan tidak terjadi kepadatan di Pelabuhan Merak,"kata Menko PMK.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Suyadi mengatakan esensi mudik lebaran tahun ini terjadi peningkatan volume  yang pesat, sehingga pemudik yang menggunakan modal transportasi kapal maupun moda transportasi lain disarankan lebih maju keberangkatannya.

Selain itu, juga ASDP harus menghitung rasio kapal dan penumpang, namun pihaknya setuju saran Menko PMK dengan menambahempat pelabuhan.

Karena itu, pihaknya menguji visi rasionya 0,61,artinya sangat baik.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Menko PMK, Kapolri, Panglima TNI, Gubernur Banten dan masyarakat yang memberikan dukungannya yang luar biasa,"kata Menhub.

 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023