Kami anjurkan untuk pilihan alternatif siang pun bisa dipilih
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran dan lintas sektor untuk mensosialisasikan pengoperasian Pelabuhan Ciwandan untuk melayani pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 khusus untuk sepeda motor dan angkutan barang.

"Mungkin yang perlu saya sampaikan dan saya tambahan agar terkait dengan penggunaan pelabuhan Ciwandan sebagai salah satu yang diaktifkan untuk kendaraan roda dua dan roda enam ini betul-betul disosialisasikan dari awal," kata Sigit dalam keterangannya, di Jakarta, Senin.

Hal ini disampaikan Kapolri dalam peninjauan persiapan mudik lebaran di Pelabuhan Merak, Banten, yang dihadiri pula oleh Panglima TNI, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain sosialisasi, Sigit juga meminta jajaran kepolisian untuk memasang rambu lalu lintas menuju Pelabuhan Ciwandan untuk memudahkan masyarakat pengguna jalan menuju lokasi.

Baca juga: Korlantas siapkan "contra flow" di Tol Cipularang amankan mudik 2023

Baca juga: Polri siap mengawal pemudik gunakan Pelabuhan Ciwandan dan Merak


"Demikian juga rambu-rambu, sehingga masyarakat yang masih belum tahun arah Ciwandan kemana ini bisa tahu dan tidak terjadi crowded (kepadatan arus)," ujar Sigit.

Dalam kesempatan itu, jenderal bintang empat itu juga mengingatkan kepada masyarakat yang mudik ke arah Sumatera agar memilih waktu perjalan mudik di siang hari, karena kepadatan arus lalu lintas cenderung terjadi pada malam hari.

"Kami anjurkan untuk pilihan alternatif siang pun bisa dipilih," ucapnya berharap.

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, pilihan melakukan perjalanan siang untuk menghindari kerawanan-kerawanan di perjalanan. Namun, ia memastikan jajaran kepolisian terus melakukan pengawalan siang maupun malam hari untuk meminimalisasi gangguan keamanan dan ketertiban selama mudik dan balik.

Sebelumnya diberitakan, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Pelabuhan Ciwandan akan melayani pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 untuk mengurangi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas Pelabuhan Merak, Banten.

Peningkatan pemudik tahun 2023 yang diprediksi 123,8 juta orang harus diantisipasi untuk kelancaran arus lalu lintas dengan mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan penyeberangan menuju Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Perubahan pelayanan ini atas petunjuk Presiden Joko Widodo, karena pengalaman mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya di Pelabuhan Merak terjadi kepadatan hingga terjadi antrean panjang kendaraan.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023