Merak (ANTARA) -
Dermaga Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada H-6 atau Minggu (16/4) pada siang hari tampak sepi kendaraan pemudik lebaran 1444 H/2023 yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

 
 
Berdasarkan pantauan, tujuh dermaga di kawasan Pelabuhan Merak tampak sepi pada siang dari kendaraan pemudik yang menyeberang ke Pulau Sumatera dibandingkan,Sabtu (15/4) siang dan sore hari begitu padat.

 
 
Saat ini, kondisi Dermaga Pelabuhan Merak terlihat lengang,bahkan Dermaga dua dan tiga tidak ada kapal yang bersandar untuk menyeberangkan pemudik ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

 
 
"Kami memprediksikan pemudik kendaraan akan memadati dermaga pada sore hingga dini hari,"kata Agus, petugas pengatur lalu lintas Pelabuhan Merak, Minggu.

 
 
Menurut dia,saat ini,arus mudik lebaran melalui Pelabuhan Merak berjalan lancar,aman dan selamat sampai tujuan.

 
 
QqMeski terjadi kepadatan kendaraan pribadi, Sabtu (15/4) di dermaga pelabuhan,namun kondisi arus lalu lintas berjalan lancar.

 
 
"Saya kira dengan adanya penambahan kapasitas lahan parkir dipastikan pemudik yang menggunakan kendaraan berjalan hingga penyeberangan,"katanya menjelaskan.

 
 
Sementara itu,berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 15 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 16 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H-7, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 37 unit kapal.

 
 
Adapun realisasi total pada H-7 penumpang mencapai 74.104 orang atau naik 72 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 43.126 orang.

 
 
 

 
 
 

 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023