Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggelar Festival Bedug di halaman kantor wali kota 
setempat guna menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kegiatan ini kembali kita gelar dalam rangka menyambut Idul Fitri. Ini merupakan pencapaian baik karena baru kembali digelar setelah tiga tahun tidak pernah digelar," kata Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin.

Kegiatan tersebut, lanjut Uus, tidak digelar selama tiga tahun ke terakhir lantaran saat itu DKI Jakarta masih dilanda pandemi COVID-19.

Saat ini, kegiatan Festival Bedug kembali digelar dengan menghadirkan beragam kegiatan yang menyertainya. Mulai dari perlombaan menabuh bedug antarkecamatan, bazar pangan murah dan bazar produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Tercatat ada 25 tenda UMKM dari seluruh suku dinas (sudin) dan 50 tenda bazar pangan murah yang disediakan pihak penyelenggara.

Uus mengekstrak kehadiran para pelaku UMKM untuk membantu pengusaha binaan sudin di Jakarta Barat (Jakbar) mempromosikan produknya kepada masyarakat.

Sedangkan bazar pangan murah dihadirkan untuk membantu warga mendapatkan bahan pangan yang murah menjelang lebaran. "Jadi selain kesenian, acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian warga," kata dia.

Uus menambahkan, Festival Bedug itu akan berlangsung hingga hari ini. Dia berharap kegiatan bisa menjadi sarana penghibur warga sekitar menjelang masa libur lebaran.
Baca juga: Kelompok bedug awali Jakarta Night Religious Festival

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023