Alhamdulillah hari ini kita luncurkan tujuh posko mudik terpadu untuk melayani masyarakat yang akan mudik pada Lebaran 2023
Jakarta (ANTARA) - Ketua Layanan Pemudik Dompet Dhuafa, Reita Annur resmikan peluncuran tujuh posko mudik terpadu untuk memberikan layanan kepada para pemudik Idul Fitri (Lebaran) 1444 HIjriah yang tersebar dari Pelabuhan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.
 
"Alhamdulillah hari ini kita luncurkan tujuh posko mudik terpadu untuk melayani masyarakat yang akan mudik pada Lebaran 2023," katanya dalam acara diskusi dan peluncuran Layanan Mudik Terpadu di Jakarta, Senin.
 
Ia mengatakan ketujuh posko mudik tersebut berada di beberapa lokasi SPBU, rest area, terminal, dan masjid di berbagai kota/kabupaten.

Ketujuh posko itu adalah pertama, SPBU 34.421.01 Toyomerto, Jl. Raya Cilegon-Serang, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten. Kedua, Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Ketiga, Rest Area KM. 166 Tol Cipali, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Keempat, Warung Nasi Amparan Sunda, Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kelima Masjid Al Karomah, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Keenam, Rest Area KM 695 A, Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ketujuh, Masjid Abnais Sabil, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Ketujuh posko mudik tersebut, katanya, berdiri dengan konsep terpadu yang berarti posko mudik tersebut juga memiliki banyak fasilitas penunjang.

"Fasilitasnya antara lain pelayanan kesehatan, pojok laktasi untuk ibu menyusui, ruang istirahat, area bermain anak, serta layanan pengisian ulang baterai," tambahnya.
 
Ia menambahkan pihaknya juga membuka gerai zakat di setiap posko mudik tersebut dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Transfer Bank untuk memudahkan distribusinya.
 
"Layanan ini bisa digunakan oleh seluruh pemudik mulai hari Selasa, 18 April 2023 hingga Kamis, 20 April 2023," kata Reita Annur.
 
Sebelumnya, pada Sabtu (15/4) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan penyelenggaraan mudik Lebaran 2023 dapat berjalan dengan lancar dan aman.
 
Selain itu layanan tambahan seperti servis motor, pangkas rambut, pijat gratis, ambulans, serta makanan sahur dan berbuka juga disiapkan di beberapa posko mudik dengan menyesuaikan lokasi dan kebutuhannya.

Baca juga: Dompet Dhuafa menyiapkan lima program untuk menebar kebaikan selama Ramadan
 
Baca juga: Posko Dompet Mudik Dhuafa dibuka hingga Papua

Baca juga: Masyarakat Habiskan Rp80,9 Triliun Untuk Mudik

Baca juga: Dompet Duafa Makassar mengaktifkan posko kesehatan di terminal


 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023