Kami melaksanakan Pesta Pantai selama dua minggu untuk menyambut wisatawan dan perantau yang pulang kampung
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, bersiap menyambut kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di daerah itu pada musim libur Lebaran 2023.

"Kami melaksanakan Pesta Pantai selama dua minggu untuk menyambut wisatawan dan perantau yang pulang kampung," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan wisatawan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI serta pihak terkait lainnya.

Pihaknya, juga ikut menyukseskan Operasi Ketupat yang dibentuk oleh kepolisian yang lokasi posnya di Pasar Rakyat Pariaman, Pantai Gandoriah dan Pantai Kata.

"(Ini juga bertujuan agar) berbagai aturan di pantai dan penyeberangan pulau ditegakkan dengan baik," katanya.

Baca juga: Pariaman kirim 43 pemuda ke Korea Selatan kerja di pembuatan kapal

Sedangkan terkait lalu lintas, lanjutnya, Pemkot Pariaman melalui Dinas Perhubungan bersama kepolisian setempat melalui Satuan Lalu Lintas telah menyusun rekayasa lalu lintas agar tidak ada kemacetan.

Ia juga memastikan tidak ada jalan utama di Pariaman yang rusak sehingga wisatawan dapat mengunjungi sejumlah objek wisata di daerah itu dengan nyaman dan aman.

Pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah itu ikut menyambut kunjungan wisatawan dengan memberikan pelayanan terbaik, menciptakan rasa aman dan nyaman sehingga kunjungan ke kota itu semakin meningkat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka delapan objek wisata pada Festival Pantai Piaman Barayo saat libur lebaran mulai dari 23 April sampai 7 Mei 2023.

“Hampir sama dengan tahun kemarin, kami kembali membuka delapan objek wisata resmi untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak pada saat libur lebaran dan pesta pantai,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra di Pariaman.

Ia menyebutkan delapan objek wisata tersebut yaitu Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar.

Baca juga: Pemkot Pariaman sediakan dua Pasar Pabukoan selama Ramadhan

Baca juga: Jelang Ramadhan sejumlah objek wisata di Pariaman dipadati wisatawan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023