Kami memfungsionalkan rest area di KM 17A dan KM 3B mulai 15 April hingga 3 Mei 2023
Manado (ANTARA) - PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) memfungsikan rest area atau tempat istirahat di ruas Tol Manado-Bitung saat arus mudik Lebaran 2023 meskipun masih dalam fase konstruksi.

"Kami memfungsionalkan rest area di KM 17A dan KM 3B mulai 15 April hingga 3 Mei 2023," kata  Dirut JMB Florysco Partogi Siahaan di Manado, Sulawesi Utara, Rabu.

Di rest area yang sementara difungsikan selama musim mudik dan arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 ada fasilitas mushola, toilet, parkir, hingga mobile mini market.

"Jadi ada rambu yang bisa dilihat pengguna jalan bahwa ada rest area yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sementara waktu ataupun ingin ke toilet," ujarnya.

Dia berharap ke depan ada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat berpartisipasi masuk ke rest area untuk memasarkan produk-produk dari Provinsi Sulawesi Utara.

Baca juga: Kendaraan yang lintasi tol Manado-Bitung diperkirakan naik lima persen

"Ini juga dalam rangka pemasaran produk daerah, sekaligus meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Data PT JMB per 18 April 2023, pengunjung rest area di KM 17A sebanyak 267 kendaraan atau rata-rata per hari sebanyak 67 kendaraan. Sementara di KM 3A sebanyak 143 kendaraan atau rata-rata 36 kendaraan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer untuk menopang dibukanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung serta KEK Pariwisata di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

Pada musim libur hari raya seperti Idul Fitri, pengguna kendaraan memanfaatkan ruas tol ini untuk mudik ke Provinsi Gorontolo dan sekitarnya, serta aktivitas ekonomi lainnya di Kota Manado.

Baca juga: Presiden: Tol Manado-Bitung munculkan titik baru pertumbuhan ekonomi
Baca juga: PT PP: Tol Manado-Bitung dukung pengembangan kawasan industri Sulut

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023