Hari ini kami menyusur atas inisiatif Kapolri mulai dari Bandara Juanda, Bandara Soekarno-Hatta, hingga ke Stasiun Pasar Senen. Saya berterima kasih kepada Polri untuk dukungan mudik aman
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau keberangkatan di Stasiun Pasar Senen Jakarta pada Rabu (19/4) , yang merupakan periode puncak arus mudik Idul Fitri (Lebaran) 1444 HIjriah/2023 ini.

“Hari ini kami menyusur atas inisiatif Kapolri mulai dari Bandara Juanda, Bandara Soekarno-Hatta, hingga ke Stasiun Pasar Senen. Saya berterima kasih kepada Polri untuk dukungan mudik aman,” kata Menhub Budi saat memberikan keterangan pers.

“Saya mengerti apa yang dilakukan ini adalah karena stasiun merupakan objek vital. Maka perlu diberikan rasa aman bagi masyarakat dan kita harus berkolaborasi (untuk mewujudkannya),” imbuhnya.

Sementara itu Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya ikut meninjau bagaimana pelayanan mudik dengan transportasi kereta api di salah satu stasiun terbesar di Jakarta itu.

Ia menilai, pelayanan yang diberikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) baik seiring dengan peningkatan animo masyarakat untuk pulang kampung dengan kereta api.

“Secara umum terjadi peningkatan (jumlah penumpang) dari kondisi normal biasanya. Hari ini dilaporkan kurang lebih ada 19.900 penumpang yang diangkut, jumlahnya hampir 20 ribu dan kemungkinan akan naik sampai H+2,” katanya.

“Tentunya kita melihat dari sisi pelayanan, ruang tunggu, dan kita juga menanyakan langsung ke masyarakat yang memilih kereta dan menjadi favorit mereka karena tepat waktu, bersih, dan lebih aman. Ini menjadi pilihan yang kita anjurkan,” tambahnya.

Kapolri  pun mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam melakukan perjalanan, tak terkecuali dengan moda kereta api, untuk menjaga kesehatan serta tak perlu ragu untuk melaporkan kepada pihak terkait jika terjadi ketidaknyamanan.

“Tentunya kepada masyarakat yang saat ini berada di Stasiun Pasar Senen untuk kita selalu harus berhati-hati. Selain itu, ada pos pelayanan terpadu di sini, silahkan diadukan terkait masalah pelayanan dan lain-lain. Semuanya akan dilayani oleh petugas di pos terpadu,” demikian Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Menhub dan Kapolri berkolaborasi untuk memastikan arus mudik lancar

Baca juga: Program mudik gratis mengurangi beban di jalan dan meminimalkan kecelakaan

Baca juga: Kapolri meninjau situasi jamaah di GT Kalikangkung bersama Menteri PMK

Baca juga: Kapolri-Menhub melepas keberangkatan 23.439 jemaah haji ke Pulau Jawa


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023