Manado (ANTARA) - Penumpang bus untuk mudik dari Terminal Malalayang Manado, Sulawesi Utara, menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan tujuan Palu Sulawesi Tengah meningkat dari 84 orang pada Rabu (19/4) menjadi 162 orang pada Kamis.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Liwas-Malalayang, Verna Kohdong, di Manado, Kamis, mengatakan hari ini sebanyak empat bus armada diberangkatkan dari terminal tersebut menuju Palu.

"Empat bus tersebut membawa sekitar 162 penumpang," katanya.

Dibandingkan pada kemarin Rabu, jumlah penumpang terjadi peningkatan dimana pada saat itu bus yang berangkat sebanyak dua armada dengan 84 penumpang

Hari ini ada peningkatan dua bus dengan 78 penumpang yang berangkat untuk tujuan Palu.

"Selain tujuan Palu, sebuah bus AKAP juga diberangkatkan dengan tujuan Makassar, Sulawesi Selatan yang mengangkut sekitar 26 penumpang," katanya.

Dia mengatakan, keamanan, keselamatan dan kenyamanan penumpang mudik menjadi perhatian utama.

Untuk itu setiap kendaraan yang akan berangkat membawa penumpang mudik, dilakukan pemeriksaan untuk melihat kelaikan kendaraan tersebut.

Jika dalam pemeriksaan itu, didapati kendaraan itu tidak laik, seperti lampu tidak menyala maka maka armada tersebut ditunda keberangkatannya.
-
Kendaraan tersebut diminta untuk diperbaiki dulu, dan setelah diperiksa lagi sudah baik, armada tersebut sudah bisa keluar berangkat dari terminal untuk membawa pemudik.

Baca juga: Arus mudik di tol Manado-Bitung mulai meningkat

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023