Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang pada Senin-Selasa (24-25/4), sehingga semua pihak diimbau waspada.

"Dampak dari peristiwa ini antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya sehingga semua pihak harap waspada," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Minggu.

Baca juga: BMKG prakirakan enam kabupaten di Kaltim hujan petir Rabu

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sebanyak delapan daerah tersebut adalah Kota Balikpapan, Samarinda, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat dan petir di Kaltim pada Sabtu-Minggu

Rinciannya antara lain di Balikpapan pada Senin sekitar pukul 23.00 Wita, hujan lebat berpotensi terjadi di semua kecamatan, kemudian pada Selasa dini hari, hujan ringan di lima kecamatan, yakni Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, Balikpapan Tengah, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Utara.

Di Kota Samarinda pada Senin sekitar pukul 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan, kemudian pada Selasa dini hari, hujan ringan hingga hujan sedang juga berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Baca juga: Semua daerah di Kaltim diprakirakan hujan petir Senin-Selasa

Di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Senin sekitar pukul 23.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada 12 kecamatan, yakni Tenggarong, Muara Jawa, Muara Muntai, Tabang, Anggana, Kembang Janggut, Kenohan, Loa Janan, Loa Kulu, Muara Wis, Samboja, dan Sanga-Sanga.

Pada Selasa dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Muara Muntai, Sebulu, Kembang Janggut, Kota Bangun, Muara Kaman, dan Muara Wis, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Baca juga: Curah hujan tinggi sepekan, 15 desa di Paser Kaltim terendam banjir

Untuk Kabupaten Kutai Barat pada Senin sekitar pukul 20.00 Wita, hujan sedang hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Bentian Besar dan Bongan.

Pukul 23.00 Wita, hujan sedang hingga hujan petir terjadi di semua kecamatan, dan pada Selasa dini hari, hujan petir diprakirakan hanya terjadi di Kecamatan Penyinggahan.

"Hujan petir di Kabupaten Kutai Timur pada Senin pukul 23.00 hanya terjadi di Kecamatan Muara Ancalong, Selasa dini hari berpotensi terjadi pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Mesangat, Muara Bengkal, dan Kecamatan Telen," ujar Yudha.

Baca juga: Tujuh daerah di Kaltim diprakirakan alami hujan petir Kamis-Jumat
Baca juga: Enam wilayah di Kaltim diprakirakan hujan petir pada Senin-Selasa

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023