Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, memberakukan sistem buka dan tutup di tempat istirahat (rest area) di KM 360 B Tol Batang-Semarang sebagai upaya mengantisipasi lonjakan jumlah pemilir arus balik Lebaran yang akan beristirahat di lokasi itu.

Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Saufi Salamun di Batang, Rabu, mengatakan bahwa kepadatan arus balik Lebaran 2023 hingga kini masih terpantau ramai dan lancar.

"Kendati demikian, kami tetap memberlakukan sistem buka tutup di rest area KM 360 B guna mengurai kepadatan pemilir arus balik Lebaran dari arah Semarang yang akan menuju ke Jakarta maupun Jawa Barat," katanya.

Kapolres yang didampingi Kepala Pos Pengamanan Rest Area KM 360 B Iptu Sugiyana mengatakan bahwa saat ini jumlah pemilir arus balik Lebaran yang masuk ke tempat istirahat masih aman dan terkendali.

Rata-rata para pemilir arus balik Lebaran, kata dia, hanya singgah sebentar di tempat istirahat dan kembali melanjutkan perjalanan.

"Secara umum, artinya arus lalu lintas masih dapat dikelola dengan baik dan masih landai. Belum ada peningkatan arus balik yang signifikan," katanya.

Terkait dengan soal gangguan keamanan di tempat istirahat, Iptu Sugiyana mengaku sejak arus mudik hingga arus balik Lebaran 2023 belum ada persoalan yang bisa mengganggu keselamatan pemilir.

"Belum ada, dan jangan sampai ada ya. Hingga saat ini gangguan seperti maling, copet, atau tindakan kriminalitas di tempat istirahat masih nihil," katanya.

Meski demikian, dia mengimbau para pemilir arus balik Lebaran di tempat istirahat KM 360 B maupun tempat lain agar tetap berhati-hati dan waspada.

"Tindak kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kami mengimbau pemilir jangan sampai lengah jika membawa barang berharga simpan di tempat yang aman dan tidak usah menggunakan perhiasan yang mencolok," katanya.

Baca juga: Jasa Marga: Kendaraan ke Jakarta melalui GT Cikampek naik 217,4 persen
Baca juga: KSOP buka posko kesehatan berikan pelayanan terbaik bagi pemilir

Pewarta: Kutnadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023