Ada instruksi untuk membuka pintu tol Gringsing jika terjadi kemacetan
Batang (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, akan menyiapkan rekayasa arus mudik untuk mengantisipasi kemacetan di wilayah Batang karena imbas terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur pintu keluar Tol Kalikangkung, Semarang.

"Apabila terjadi kemacetan arus lalu lintas di exit tol Kalikangkung yang berimbas ke wilayah Kendal dan Batang maka kami akan mengurai kepadatan arus kendaraan. Arus mudik Lebaran bisa kami alihkan ke jalur yang sudah disiapkan," kata Kepala Polres Batang AKBP Mochamad Irwan Susanto di Batang, Senin.

Menurut dia, Kapolri melalui Kakorlantas telah mengeluarkan kebijakan akan menyiapkan dua strategi yaitu jalur satu arah (one way) dari arah Jakarta KM.47 hingga KM.414 (Kalikangkung, Semarang) dan kedua persiapan arus lalu lintas kendaraan di jalur arteri.

"Kemudian arus rekayasa ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti kemacetan yang parah untuk dilakukan pengalihan arus lalu lintas," katanya.

Kapolres AKBP Irwan Susanto mengatakan saat ini polres sudah menyiapkan sembilan pos pengamanan mudik di jalur pantura dan tol Batang-Semarang terdiri atas satu pos terpadu, dua pos pelayanan, dan enam pos pengamanan

Baca juga: Gerbang Tol Kalikangkung sudah siap hadapi arus mudik

Baca juga: Polres Batang antisipasi sejumlah titik rawan macet jalur pantura


Rinciannya, kata dia, dua pos di rest area tol Batang-Semarang, dua di exit tol Batang-Semarang yaitu Kandeman dan Kalibeluk, pos pelayanan Luwes, Batang Kota, dan tiga sub pos di pasar Batang, pasar Gorong, serta pasar Subah.

"Pos itu berdiri sesuai jadwal Operasi Ketupat Candi 2022 yaitu mulai 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022. Pada setiap pos pengamanan di rest area akan disiagakan personel gabungan yaitu TNI, Dinas Perhubungan, dan tim medis kesehatan," katanya.

"Demikian pula, jika terjadi kepadatan pemudik di rest area maka kami akan melakukan pembatasan waktu bagi pemudik di tempat itu agar bisa bergantian dengan pemudik lainnya," tambahnya.

Menurut dia, kepadatan arus mudik Lebaran di wilayah jalur tol maupun pantura Kabupaten Batang diperkirakan cukup tinggi karena lokasinya berada pada titik lelah sehingga pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk memecah arus lalu lintas.

"Ada instruksi untuk membuka pintu tol Gringsing jika terjadi kemacetan. Bahkan, jika terlihat ada kemacetan sepanjang satu kilometer, maka petugas wajib membuka pintu tol serta memecah arus tanpa bayar dan mengalihkan ke jalur Pantura," katanya.

Baca juga: Kesiapan gerbang Kalikangkung dicek Menko PMK dan Menhub

Baca juga: Polres Batang survei jalur tol Batang-Semarang

Pewarta: Kutnadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022