Untuk Jawa sendiri, Jawa Tengah ataupun kalau terjadi genangan di tol kita sudah koordinasi dengan pengelola tol untuk siapkan pompa air...
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan pihaknya telah menyiapkan strategi dalam mengantisipasi bencana termasuk cuaca ekstrem yang terjadi selama periode Lebaran 2024.
 
“Untuk Jawa sendiri, Jawa Tengah ataupun kalau terjadi genangan di tol kita sudah koordinasi dengan pengelola tol untuk siapkan pompa air yang kapasitas besar sehingga cepat menguras genangan di tol," ujar Aan dalam jumpa pers virtual yang dipantau di Jakarta, Minggu.
 
Beberapa waktu lalu, bencana banjir melanda kawasan pantura Jawa Tengah, untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya lantas menyiapkan upaya lain yakni mencari jalur-jalur alternatif agar lalu lintas berjalan lancar tanpa mengganggu aktivitas masyarakat.
 
"Kita mengawal mencari jalur-jalur alternatif sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan seperti biasa, selama arus mudik pun akan terus kami persiapkan untuk jalur-jalur alternatif untuk antisipasi terjadi bencana," ujarnya pula.
 
Sementara untuk jalur yang diproyeksi bakal dipadati pemudik menuju penyeberangan laut, dia menyebut bakal menyiapkan jalur agar kendaraan dapat berpindah dari tol menuju jalur arteri.
 
"Sehingga risiko yang mungkin terjadi di tol dan arteri akan mengurangi (kepadatan arus lalin) pada saat dialihkan ke arteri," tambah dia.

Baca juga: Kapolda prioritaskan evakuasi pengungsi dalam penanganan banjir Jateng
Baca juga: Atasi banjir Demak, BBWS berupaya tutup tanggul Sungai Wulan yang jebol lagi

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024