Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau kepada para pemudik dengan kendaraan roda dua untuk menggunakan fasilitas mudik gratis yang diselenggarakan oleh banyak pihak pada tahun ini.
 
"(Pemudik dengan kendaraan) roda dua kita imbau untuk lebih baik ikut mudik gratis. Toh, kita siapkan juga untuk mengangkut kendaraan roda dua," katanya usai ditemui dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) Angkutan Lebaran 2024 di Kantor Kemenko PMK di Jakarta, Senin.
 
Dalam program mudik gratis yang akan diselenggarakan pemerintah, Menko Muhadjir mengungkapkan pihaknya juga akan menyiapkan kendaraan pengangkut sepeda motor, termasuk bagi peserta program mudik gratis dengan kapal laut.
 
"Jadi untuk mudik dengan kapal laut itu, (kendaraan) roda dua bisa dimasukkan di kapal sekaligus," ujarnya.

Baca juga: Menko PMK: Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 5-7 April 2024

Baca juga: KAI minta penumpang KA Lebaran 2024 tidak bawa barang berlebihan

 
Untuk itu, Muhadjir juga mengimbau kepada para pelaku usaha swasta untuk mengadakan program mudik gratis, demi mengurai kemacetan, serta meminimalisasi angka kecelakaan dalam mudik 2024.
 
Menurutnya, mudik dengan kendaraan roda dua merupakan tindakan berbahaya, dan berisiko untuk dilakukan.
 
"Yang penting selamat, kalau mudik (dengan kendaraan) roda dua mengapa tidak pakai (fasilitas) mudik gratis saja? Apalagi bawa anak kan? Jadi diusahakan (ikut program mudik gratis)," ucap Muhadjir.
 
Meski demikian, ia menyebut pemerintah tidak akan mengambil tindakan tertentu bilamana terdapat pemudik dengan kendaraan roda dua, demi menjaga kelancaran arus mudik.
 
"Tapi, tentu saja itu sangat berbahaya, apalagi itu (kalau membawa) anak kecil, dan beberapa kali terjadi kecelakaan sampai yang meninggal anaknya," ucap dia.
 
"Sebaiknya kita imbau (para pemudik dengan kendaraan roda dua) gunakan sajalah mudik gratis, bisa lewat kementerian terkait," kata Muhadjir Effendy.*

Baca juga: BSI santuni anak yatim dan adakan mudik gratis pada momen Ramadhan

Baca juga: PT Pelayaran Dharma Indah sediakan 974 tiket gratis mudik Lebaran 2024

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024