kami secara intensif terus memastikan kesiapan dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Astra Infra siap mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran tahun ini yang diperkirakan mencapai 6,8 juta kendaraan atau naik sebesar 3,4 persen dibandingkan Lebaran 2023.

“Saat ini kami secara intensif terus memastikan kesiapan dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat pada arus mudik Lebaran tahun ini.” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Astra Infra juga berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya, melalui pembukaan posko Astra Siaga Lebaran di rest area KM 68 B ruas Tol Tangerang-Merak, rest area KM 166 A ruas tol Cikopo-Palimanan, Rest area KM 695 A ruas tol Jombang-Mojokerto, dan Resta Pendopo KM 456 A & B ruas tol Semarang-Solo.

Di Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Rabu 3 April 2024, dengan estimasi 179 ribu kendaraan melintas.

Adapun total volume lalu lintas pada periode Lebaran tahun ini di ruas Tol Tangerang - Merak diprediksi sekitar 3,5 juta kendaraan, atau meningkat 3,6 persen dibandingkan lebaran 2023.

Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak telah melakukan berbagai persiapan antara lain meliputi peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system untuk mengantisipasi kepadatan ke arah Pelabuhan Merak.

Selain itu, telah disiapkan juga dukungan pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portable di rest area dan jalur, peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A, serta peningkatan penyebaran layanan informasi publik. Untuk mengurangi potensi antrean di Pelabuhan Merak, pemudik diimbau untuk dapat melakukan pembelian tiket ferry melalui aplikasi atau website ferizy sebelum tiba di pelabuhan.

Kemudian diprediksi 2,1 juta kendaraan akan melintas ruas tol Cikopo - Palimanan selama masa arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 2,2 persen dibandingkan lebaran 2023, atau 79,9 persen dari lalu lintas harian normal. Adapun puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal Sabtu 6 April 2024 dengan estimasi 122 ribu kendaraan.

Sebagai bentuk persiapan menghadapi lonjakan arus lalu lintas tersebut, Astra Infra Tollroad Cikopo - Palimanan telah melakukan berbagai persiapan, antara lain dengan melakukan koordinasi dengan kepolisian, normalisasi aliran air untuk mencegah banjir, operasi zero pothole untuk memastikan jalan tidak berlubang, dan penyediaan portable toilet serta penambahan kapasitas parkir di rest area.

Persiapan juga telah dilakukan di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, yang antara lain dilakukan dengan menyiapkan mobile reader untuk mengurai kepadatan di gerbang tol. Selain itu, untuk pengguna kendaraan listrik, telah disiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ultra fast charging secara gratis di rest area Teras Melati KM 695A. Tidak hanya itu, dilakukan juga koordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim untuk melakukan antisipasi lonjakan arus lalu lintas di beberapa titik rawan kepadatan.

Pada periode lebaran tahun ini, puncak arus mudik di ruas Tol Jombang - Mojokerto diprediksi terjadi pada Senin 8 April 2024 dengan estimasi 71 ribu kendaraan melewati ruas tersebut dan puncak arus balik pada Minggu 14 April 2024 dengan estimasi 99 ribu kendaraan. Secara total, diprediksi 1,2 juta kendaraan melintas di ruas Tol Jombang - Mojokerto, atau meningkat 5,2 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Baca juga: Kemenhub: Puncak arus mudik diprediksi H-2 Lebaran
Baca juga: BPJT PUPR: Diskon tarif diterapkan di Tol Trans Jawa pada Lebaran
Baca juga: Hutama Karya siapkan 6 SPKLU di Tol Terpeka saat arus mudik Lebaran

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024