Multiplier effect yang kami harapkan adalah pertumbuhan ekonomi melalui keandalan pasokan listrik.
Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) mengoperasikan lima kubikel 20 kV baru di Gardu Induk Bungah, kawasan Java Industrial and Ports Estate (JIIPE) untuk meningkatkan kualitas keandalan pasokan listrik saat Ramadhan dan Lebaran 2024.
 
"Melalui pengoperasian ini diharapkan kualitas pasokan listrik kepada pelanggan khususnya industri di wilayah Gresik menjadi lebih andal," kata General Manager PT PLN (Persero) UID Jatim Agus Kuswardoyo dalam keterangan di Surabaya, Jumat.
 
PLN pun menghadirkan teknologi terkini untuk mengontrol dan supervisi kualitas tegangan 20 kV di seluruh wilayah Jatim melalui RTU (Remote Terminal Unit) dan Teknologi Dispatcher (SCADA).
 
"Rangkaian upaya yang dilakukan Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyaluran listrik semakin bagus, sehingga berdampak pula pada peningkatan kepuasan masyarakat," katanya pula.

"Multiplier effect yang kami harapkan adalah pertumbuhan ekonomi melalui keandalan pasokan listrik," ujarnya lagi.
 
Sebelumnya, PLN juga melaksanakan kegiatan pemeliharaan peralatan sistem 20 kV salah satunya adalah kubikel 20 kV di Gardu Induk (GI) Wonorejo yang memasok kebutuhan listrik sebagian pelanggan Surabaya.
 
"Tujuan dilakukan pemeliharaan ini adalah untuk mencegah kerusakan dan mengantisipasi penyebab gangguan yang mengakibatkan terganggunya distribusi pasokan listrik kepada pelanggan," ujar Agus.
 
Pemeliharaan peralatan kubikel 20 kV beserta alat proteksi dilaksanakan oleh tim pemeliharaan merupakan tindakan antisipasi berkurangnya kondisi peralatan, dikarenakan adanya gangguan-gangguan yang tidak terlihat secara visual oleh inspektur Gardu Induk.
 
Uji coba serta setting kembali proteksi seluruh penyulang yang ada di GI Wonorejo juga dilakukan, sehingga menghindari adanya trip atau gangguan disebabkan oleh malfungsi peralatan.
 
Tak hanya itu, di 17 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan se-Jatim, PLN juga melakukan patroli jaringan dan giat rabas sebagai upaya preventif gangguan ketenagalistrikan.
 
PLN juga mengimbau masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya yang dapat mengganggu kelancaran distribusi ketenagalistrikan.
Baca juga: PLN Jatim siagakan 4.782 personel jaga listrik jelang pencoblosan
Baca juga: PLN paparkan strategi percepatan NZE di Jawa Timur

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024