Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meninjau kesiapan arus mudik Idul Fitri 1445H/2024 di Pelabuhan Merak, Banten, Senin.

Dengan menggunakan helikopter, Kapolri dan Menko Polhukam melakukan pantauan udara untuk meninjau kesiapan dalam pengamanan arus mudik Lebaran.

Helikopter yang membawa Kapolri dan Menko Polhukam take off dari Lapangan Silang Monas menuju Pelabuhan Merak Banten, sekaligus melihat kondisi arus lalu lintas jalur tol maupun area Pelabuhan Merak via udara.

Menurut Kapolri, kesiapan strategi dan pengecekan jalur sejak dini sangat diperlukan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas saat momentum arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Ini menjadi penting karena memang secara statistik terjadi penurunan terkait laka lantas dibandingkan 2022. Namun demikian, karena mudik meningkat kita harapkan laka lantas dan kemacetan lalin di mudik 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik," kata Sigit.

Baca juga: BMKG siap terapkan modifikasi cuaca, amankan arus mudik Lebaran

Baca juga: Polri amankan 80.751 lokasi selama Operasi Ketupat 2024


Sebelum tinjauan kelapangan, Polri telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral kesiapan Operasi Ketupat Tahun 2024 bersama kementerian dan lembaga terkait. Kegiatan ini untuk memastikan pelaksanaan arus mudik dan balik berjalan aman dan lancar.

Jenderal polisi bintang empat itu menyebut Operasi Ketupat 2024, melibatkan 155.165 personel gabungan yang dikerahkan untuk memastikan mudik aman dan lancar. Serta disiapkan pula sebanyak 5.784 pos untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Pos yang nanti disiapkan untuk memberikan pelayanan apakah itu yang ada di jalan tol, rest area, kemudian di arteri dan termasuk jalur yang kita persiapkan untuk berikan pengamanan di wilayah wisata, ini juga kita persiapkan," tutur Sigit.

Baca juga: Aplikasi SIGMON bisa digunakan untuk cek konektivitas selama Lebaran

Baca juga: Mudik & Wisata lewat Tol Serang Panimbang di Lebaran Tahun 2024 banyak keuntungannya.


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024