Kerja sama sangat penting untuk bisa kita optimalkan terutama dari segi pengelolaan pengunjung dan pelayanan sistem informasi
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) berharap kerja sama semua pihak untuk menyiapkan Labuan Bajo dan sekitarnya sebagai destinasi yang lebih aman dan nyaman bagi wisatawan untuk menghabiskan libur Lebaran pada 6-15 April 2024.
 
"Kerja sama sangat penting untuk bisa kita optimalkan terutama dari segi pengelolaan pengunjung dan pelayanan sistem informasi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Frans Teguh dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Jumat.
 
 
Dia menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan bersama stakeholder terkait yang digelar bersama Kemenparekraf di Labuan Bajo.
 
 
Kegiatan yang dilakukan secara hybrid itu untuk memastikan Labuan Bajo yang siap menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan para wisatawan selama sepekan musim libur Lebaran 2024 di Labuan Bajo.
 
 
Frans menjelaskan liburan dan juga cuti bersama bisa berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan khususnya wisatawan nusantara ke Labuan Bajo,
 
 
Sehingga diharapkan juga setiap destinasi yang berada di wilayah koordinatif BPOLBF serta destinasi-destinasi lainnya yang ada di kawasan NTT ini bisa semakin siap mengantisipasi berbagai kondisi yang bisa saja terjadi.
 
 
Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani secara daring menjelaskan tentang strategi monitoring selama libur Lebaran 2024.
 
 
Menurut dia, beberapa strategi monitoring yang dapat dilakukan wisatawan maupun instansi terkait yakni memperbaharui informasi seputar persiapan dan saat libur Lebaran tiba.
 
 
Pembaharuan informasi, lanjut dia, seperti memperbaharui siaran pers Kemenhub tentang potensi pergerakan masyarakat selama lebaran, siaran pers BMKG tentang waspada cuaca ekstrem dan melihat paket informasi lengkap Mudikpedia untuk mudik Hari Raya Idul Fitri 2024.
 
 
Ia menambahkan dalam strategi komunikasi saat lebaran pihaknya telah membuat rencana konten berisi informasi, edukasi, inspirasi dan hiburan serta membangun narasi guna memberikan pemahaman kepada publik untuk meningkatkan pemahaman tentang mengutamakan keamanan dan kelancaran mudik serta antisipasi perubahan cuaca selama masa mudik dan libur Lebaran 2024.
 
 
"Narasi-narasi dan konten ini bisa kita gaungkan bersama sehingga wisatawan mendapat informasi terkini saat akan melakukan aktivitas wisata," katanya.

Baca juga: Plt Dirut BPOLBF paparkan empat isu utama pariwisata Labuan Bajo NTT
Baca juga: BPOLBF-Bandara Komodo kolaborasi konten promosi wisata
Baca juga: BPOLBF-Garuda Indonesia gelar famtrip tarik wisatawan Singapura
Baca juga: BPOLBF sebut ekologi jadi prinsip tata kelola pariwisata Labuan Bajo

 

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024