Antusiasme (pemudik) luar biasa, arahan Presiden (Joko Widodo) ini tepat, mudik gratis menjadi keharusan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan puluhan ribu penumpang peserta arus mudik gratis dengan bus di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, dalam angkutan Lebaran 2024.

"Antusiasme (pemudik) luar biasa, arahan Presiden (Joko Widodo) ini tepat, mudik gratis menjadi keharusan. Saya mengapresiasi mudik gratis bukan hanya dari Kemenhub, tapi BUMN, Kepolisian dan swasta juga melakukan. Kalau kita bersama-sama melakukan ini maka mudik yang berkeselamatan yang tidak menggunakan motor akan terjadi,” kata Budi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Budi menyampaikan program mudik gratis tersebut merupakan bagian dari upaya Kemenhub dalam mendorong perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan berkeselamatan.

Menurut Budi, dengan adanya program mudik gratis maka kepadatan pemudik bersepeda motor di jalan raya dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya dengan bus.

Menhub Budi berharap kegiatan mudik gratis dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan silaturahmi di kampung halaman berjalan lancar dengan penuh kehangatan.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan pemudik yang dilepas keberangkatannya oleh Menhub di Terminal Jatijajar sebanyak 7.640 orang.

"Khusus dari Terminal Jatijajar, Depok yang diberangkatkan hari ini sebanyak kurang lebih 7.640 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 187 unit," ucap Suharto.

Selain Terminal Jatijajar Depok hari ini turut pula diberangkatkan peserta mudik gratis dari Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan dan Terminal Pulogebang Jakarta. Meski begitu dia tidak merinci jumlah yang diberangkatkan di kedua terminal tersebut.

Lebih lanjut Suharto mengatakan bahwa pemberangkatan kembali akan dilanjutkan pada Minggu (7/4) dari Terminal Kp. Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal AKAP W.A Gara Kalimantan Tengah.

Suharto menerangkan total pemudik dalam program mudik gratis yang akan diberangkatkan secara keseluruhan oleh Ditjen Perhubungan Darat berjumlah 40.088 penumpang. Angka tersebut naik 62,33 persen dari tahun sebelumnya berjumlah 24.368 penumpang.

Puluhan ribu pemudik akan mudik ke 33 kota se-Indonesia yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan.

Sedangkan jumlah kota keberangkatan arus balik sebanyak sembilan kota yaitu Surabaya, Madiun, Wonogiro, Solo, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Purwokerto dan Palembang.

Kemenhub akan menggunakan 950 bus untuk mengangkut para pemudik yang terbagi 790 bus mudik yang diberangkatkan dari enam terminal yaitu Terminal Poris Plawad, Terminal Jatijajar, Terminal Pondok Cabe, Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal W.A. Gara. Serta 160 bus balik yang diberangkatkan dari sembilan kota lainnya.

“Kuota sepeda motor sebanyak 900 unit yang terdiri dari 450 unit untuk mudik dan 450 untuk balik, dengan menggunakan sebanyak 30 truk untuk mudik dan balik di lima kota tujuan yaitu Madiun, Wonogiri, Solo, Yogyakarta, dan Purwokerto,” kata Suharto.


Baca juga: Menhub sebut mudik Lebaran beri dampak signifikan bagi ekonomi
Baca juga: Garuda Indonesia terbangkan 82 ribu penumpang selama arus mudik
Baca juga: Jasa Marga tambah akses menuju Stasiun Whoosh Halim lewat tol


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024