Jakarta (ANTARA) - Keluarga-keluarga biasanya memanfaatkan sebagian waktu libur Lebaran untuk mengunjungi tempat wisata bersama.

Guna meminimalkan risiko menghadapi kerepotan dan stres, sebaiknya perjalanan wisata selama libur Lebaran direncanakan dengan baik sebelumnya.

Kiat-kiat yang disiarkan Hindustan Times pada Minggu berikut bisa jadi referensi dalam merencanakan perjalanan wisata selama libur Lebaran.

Pesan akomodasi terlebih dahulu

Hotel, resor, dan penginapan biasanya sibuk selama libur panjang, jadi lebih baik memesan akomodasi dari jauh hari untuk memastikan keluarga bisa menginap di tempat yang aman dan nyaman. Reservasi tempat menginap dari jauh hari juga sangat penting bagi mereka yang merencanakan liburan di luar negeri.

Upayakan rumah dan barang pribadi aman

Ketika hendak meninggalkan rumah selama beberapa hari untuk melewatkan libur Lebaran bersama keluarga, sebaiknya mengupayakan rumah dalam keadaan aman. Jangan lupa mematikan kompor, oven, dan perangkat elektronik di dalam rumah. Selain itu, bila bepergian menggunakan sarana transportasi umum maka sebaiknya menjaga barang bawaan pribadi agar tidak sampai hilang atau tertinggal.

Manfaatkan tawaran promosi hari raya

Selama libur Hari Raya Idul Fitri biasanya restoran, tempat hiburan, dan penginapan menawarkan program promosi dan diskon menarik. Jadi, saat merencanakan perjalanan ada baiknya menelusuri situs web dan akun resmi media sosial restoran, tempat hiburan, dan penyedia akomodasi agar bisa memanfaatkan program promosi yang bisa menghemat pengeluaran liburan.

Usahakan mengepak sesedikit mungkin barang

Usahakan untuk membawa barang sesedikit mungkin saat melakukan perjalanan wisata selama libur Lebaran. Selain menghemat waktu dan mengurangi kerepotan membawa, dengan mengepak sedikit barang Anda tidak perlu keluar biaya ekstra untuk bagasi tambahan dan memiliki lebih banyak fleksibilitas saat berlibur.

Manfaatkan asuransi perjalanan

Pertimbangkan untuk memanfaatkan layanan asuransi perjalanan ketika hendak berwisata selama libur Lebaran. Asuransi perjalanan dapat memberikan jaminan keamanan finansial dan perlindungan saat ada kejadian tidak terduga seperti kehilangan bagasi, masalah kesehatan, dan pembatalan perjalanan. Saat memilih layanan asuransi perjalanan, sebaiknya memastikan polis dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan perlindungan komprehensif selama liburan.

Baca juga: Banyuwangi tawarkan atraksi seni dan budaya selama libur Lebaran
Baca juga: Sembilan destinasi religi yang bisa jadi opsi selama libur Lebaran

 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024