Bandung (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, memprakirakan cuaca di wilayah Jawa Barat pada 10 April 2024 atau bertepatan dengan saat Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah diprakirakan cerah berawan.

“Untuk prospek cuaca besok pagi hingga menjelang Shalat Idul Fitri, hampir sebagian besar wilayah Jawa Barat adalah cerah berawan,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu saat ditemui di Bandung, Selasa.

Adapun cuaca di berbagai masjid besar di wilayah Jabar saat Shalat Idul Fitri diprakirakan cerah berawan pada suhu udara 22 hingga 25 derajat Celcius dan kecepatan angin 10 kilometer per jam.

Teguh menjelaskan pantauan prospek cuaca pada siang hingga malam hari akan terjadi potensi cuaca buruk di sebagian wilayah di Jawa Barat.

“Kemudian potensi untuk hujan ringannya pada siang menjelang sore hari potensi hujan ringan hingga lebat,” kata dia.

Baca juga: Bali berpotensi hujan disertai angin saat Lebaran hingga 11 April

Dia mengatakan potensi cuaca buruk tersebut pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, serta dampak kerusakan lainnya.

“Saat ini sudah memasuki musim pancaroba. Namun hujan skala lokal dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi di beberapa wilayah dengan skala lokal terutama di siang hari menjelang sore hari,” katanya.

Oleh karena itu ia meminta masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem saat perubahan cuaca yang dapat terjadi saat musim pancaroba pada bulan April 2024.

“Kepada masyarakat terutama bagi yang mudik selalu waspada tentunya terhadap keselamatan apalagi juga waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang masih terus berpotensi,” kata Teguh.

Baca juga: BMKG: Hari terakhir puasa dan Lebaran di Kaltim diprakirakan hujan

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024