penting agar perangkat daerah mengetahui ada tidaknya rumah kosong untuk mencegah kriminalitas
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi A DPRD DKI Dwi Rio Sambodo meminta Satpol PP dan perangkat wilayah seperti RT/RW serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ​​​​(Bhabinhamtibmas) mendata rumah yang ditinggal pemudik.
 
"Diharapkan rumah-rumah tersebut diawasi secara rutin selama 24 jam oleh petugas lapangan Satpol PP," kata Rio di Jakarta, Rabu.
 
Rio menuturkan penting agar perangkat daerah mengetahui ada tidaknya rumah kosong untuk mencegah kriminalitas dari kemalingan.
 
Selain itu, dia juga mengimbau untuk menyiapkan dan mengoptimalkan fasilitas pos-pos keamanan ditingkat kelurahan.
 
Pengamanan ganda wajib itu dilakukan oleh para pemudik seperti memasang kunci gembok gunanya untuk mengantisipasi pencurian.
 
Selain itu yang tidak kalah penting pemudik harus mengecek arus listrik/elektronik maupun kondisi gas untuk mencegah kebakaran saat rumah ditinggal mudik.
 
" Ini langkah preventif para pemudik termasuk hal-hal berpotensi rawan kebakaran," ujarnya.
 
Senada, anggota DPRD DKI Hardiyanto Kenneth juga meminta kepada pemerintah dan pihak Kepolisian agar mewaspadai kejadian pencurian rumah kosong.
 
"Harus memperhatikan rumah yang di tinggal mudik, bahaya kebakaran dan ancaman bencana banjir yang akan terjadi, karena melihat cuaca saat ini masih akan diwarnai dengan kondisi hujan (hidrometeorologi)," ujar Kenneth.
 
Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan ribuan personel untuk menjaga keamanan dan ketertiban Jakarta selama libur dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Sekitar 3.000 atau dua per tiga dari total jumlah personel Satpol PP DKI Jakarta, dikerahkan untuk lakukan pemantauan, pengawasan dan pengamanan di lingkungan masyarakat selama masa libur Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Selain ikut membantu menjaga di Pos Pengamanan Terpadu, personel Satpol PP juga berkeliling ke pemukiman warga untuk memantau keamanan lingkungan, sekaligus mengingatkan warga agar waspada bahaya kebakaran.
Baca juga: Satlantas Polres Jakut tidak akan tilang masyarakat saat libur Lebaran
Baca juga: 8.906 napi di Jakarta dapat remisi khusus Idul Fitri 
Baca juga: Warga padati TPU Karet Bivak di hari pertama Lebaran 2024

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024