Jika salah satu elemen hilang, maka takwa menjadi kurang bermakna
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan ibadah shalat Jumat di Masjid Agung, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Jumat.

Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta di Jakarta menginformasikan Presiden Jokowi yang mengenakan baju koko putih lengan panjang dan kopiah hitam tiba di Masjid Agung pukul 12.21 WIB.

Dalam kegiatan itu, Presiden mendengarkan khotbah bertajuk "Membumikan Makna Takwa untuk Menjadi Muslim Sejati" yang dibawakan oleh Dedi Iskandar Batubara selaku khatib.

Dalam khotbahnya, Dedi mengatakan bahwa takwa memiliki tiga elemen yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu iman, Islam, dan ihsan.

"Jika salah satu elemen hilang, maka takwa menjadi kurang bermakna, dan tidak bisa menjadi karakter unggul yang membuat pemiliknya bisa ditasbihkan sebagai Muslim ideal," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi manfaatkan libur Lebaran untuk temani cucu bermain
Baca juga: Ari Dwipayana: Silaturahmi Jokowi dan Megawati sedang dicarikan waktu


Setelahnya, Kepala Negara melaksanakan shalat jumat berjamaah yang dipimpin oleh Irham Taufik selaku imam. Irham Taufik merupakan pimpinan pondok pesantren Tahfizul Qur'an Darut Taufik.

Usai melaksanakan ibadah shalat Jumat, Presiden Jokowi menyapa masyarakat yang ada di masjid dan sekitarnya. Tidak hanya menyapa, Presiden juga berswafoto dengan masyarakat.

Turut serta mendampingi Presiden dalam shalat Jumat tersebut adalah Pj Gubernur Sumatra Utara Hassanudin.

Baca juga: Presiden Jokowi sambut para tamu peserta "open house" di Istana
Baca juga: Presiden sempatkan sapa dan swafoto bersama jamaah salat Ied Istiqlal
Baca juga: Presiden Jokowi berharap Idul Fitri momentum saling memaafkan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024