Jaga jarak aman dan tidak melebihi batas kecepatan yang ditentukan
Boyolali (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Boyolali menyatakan kendaraan arus balik di Jalan Tol Fungsional dari Ngawen Klaten menuju Banyudono Boyolali, Jawa Tengah, pada H+1 Lebaran 2024 belum ada kepadatan yang berarti atau masih aman dan lancar.

"Alhamdulillah, para pemudik hingga saat ini, yang melintas jalur tol fungsional dari Klaten menuju Boyolali belum ada kepadatan yang berarti dan masih aman lancar," kata Kepala Satlantas Polres Boyolali AKP Agista Ryan Mulyanto, di Pospam Pintu Tol Banyodono Boyolali, Jumat.

Pada arus balik untuk para pemudik, kata Kasat Lantas, untuk operasional jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta juga telah diberlakukan arah balik. Dimana pengguna jalan yang ingin menuju arah Yogyakarta melalui Boyolali, sudah tidak bisa. Jalur tersebut saat ini, hanya dibuka untuk arah dari Klaten menuju Boyolali atau menuju Gerbang Tol Colomadu.

Namun, kata Kasat Lantas, pihaknya memperkirakan arus balik mulai meningkat atau puncaknya, di Jalur Tol Fungsional dari arah Klaten menuju Boyolali, pada Sabtu (13/4) hingga Minggu (14/4).

Dia mengatakan dari data kendaraan yang melintas dari arah Yogyakarta menuju Banyudono Boyolali atau yang melintas Tol Fungsional Klaten-Boyolali, pada Jumat ini, hingga pukul 12.00 WIB sudah mencapai 1.277 khusus kendaraan golongan 1 non bus.

"Kami melakukan pengecekan di jalan tol fungsional Yogyakarta-Solo, yang difungsikan arus balik mulai tanggal 12 hingga 15 April 2024 dan dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Hal ini, seperti pada saat arus mudik yang digelar dari arah Gerbang Tol Colomadu Karanganyar atau Banyudono Boyolali menuju Klaten, mulai tanggal 5 hingga 11 April," katanya.

Baca juga: Tol Fungsional Jogja-Solo di Boyolali dioperasikan untuk arus balik
Baca juga: Rest area fungsional tol Boyolali siap sambut pemudik
Baca juga: Pelabuhan Bakauheni mulai dipadati pemudik arus balik pada H+1 Lebaran


Pihaknya berharap masyarakat yang melintasi tol fungsional pada arus balik tersebut dapat melintas dari Klaten melalui pintu Tol Colomadu Karanganyar atau Km 492 atau menuju keluar melewati pintu masuk Tol Banyudono Boyolali menuju jalan arteri.

Pihaknya berharap masyarakat yang melalui tol fungsional pada arus balik untuk mematuhi peraturan lalu lintas dengan kecepatan maksimal 40 km per jam.

Kendati demikian, pihaknya berharap pada arus balik tetap mematuhi peraturan lalu lintas, dilarang parkir di bahu jalan dan apabila mengantuk dianjurkan untuk istirahat di rest area terdekat.

"Jika rest area tol penuh dianjurkan istirahat keluar dari tol, sehingga tidak istirahat di bahu jalan. Kami juga berharap cek kondisi kendaraan sebelum berpergian. Jaga jarak aman dan tidak melebihi batas kecepatan yang ditentukan," katanya.

Baca juga: Rest Area KM 487 A Boyolali dipadati pemudik, diterapkan buka-tutup
Baca juga: Kakorlantas sebut kelelahan salah satu faktor penyebab kecelakaan
Baca juga: Korlantas Polri tunda sistem "one way" di Tol Kalikangkung–Cipali

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024